Peringati HANI 2023, BNNK dan PR Fatayat NU Randuagung Deklarasi Fatayat NU Bersinar - Gerbang Nusantara News

25 Juni 2023

Peringati HANI 2023, BNNK dan PR Fatayat NU Randuagung Deklarasi Fatayat NU Bersinar

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Dalam rangka Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023 yang diperingati setiap tanggal 26 Juni, Pimpinan Ranting Fatayat Nadhatul Ulama (PRFNU) Randuagung Kecamatan Kebomas dan Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Gresik menggelar Deklarasi Fatayat NU Bersinar di Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) Kecamatan Gresik, Minggu (25/6). 

Kegiatan  tersebut dibuka dengan senam Fatayat NU, hiburan qosidah Nada Nurish, deklarasi, tukar sampah dengan baju bekas serta tanaman dan lain sebagainya. 

Ketua PRFNU Randuagung Umi Hani mengatakan, Fatayat NU Bersinar merupakan program inovasi dari PRFNU Randuagung Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik dalam mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar). Sesaui dengan berbagai ketentuan dan peraturan yang ada mulai dari Peraturan Presiden nomor 23 tahun 2010 hingga Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Narkotika. 

 “Kami berharap kader-kader Fatayat NU Randuagung berkolaborasi dengan pemerintah  dan masyarakat dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Kabupaten Gresik,” kata Hani. 

Menurutnya, Fatayat NU Bersinar adalah salah satu upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba yang dikelola mandiri oleh Fatayat NU dengan masyarakat. Tujuannya meningkatkan pendampingan masyarakat dalam penyelenggaraan fasilitas bersih narkoba yang dikelola partisipatif, terpadu dan berkelanjutan berbasis pendayagunaan sumberdaya pada kader Fatayat NU. 

 “Sebagai perempuan maupun ibu, kita semuanya punya tanggung jawab untuk menjadikan generasi yang unggul, sholeh, sholehah yang mampu memajukan bangsa dan negara. Maka butuh support dan peran kita semuanya dalam mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba,” tegas Hani. 

Kepala BNNK Gresik AKBP Drs Toni Sugiyanto mengapresiasi komitmen kader Fatayat NU Gresik dalam membantu pemerintah dan BNNK. “P4GN ini pendekatannya dimulai ketahan keluarga dari penyalahgunaan narkoba sebagai lingkungan paling kecil. Jika berhasil akan membentuk ketahanan dari tingkat paling kecil maka generasi kita akan tumbuh menjadi anak tahan dan tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal buruk seperti narkoba,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Desa Randuagung Khambali mengaku bangga bahwa kader Fatayat NU Randuagung membuat program Fatayat NU Bersinar. “Potensi-potensi kader Fatayat NU Randuagung ini luar biasa, kami berharap bisa dimaksimalkan serta membantu pemerintah desa maupun daerah dalam mewujudkan Indonesia bersih narkoba dan memajukan negara kita,” kata Khambali. (Syafik Hoo/Han)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda