Lestarikan Situs Bersejarah, Karang Taruna Sidomukti Kebomas Gelar Lomba Mancing di Telaga Pegat Sunan Giri - Gerbang Nusantara News

09 Juli 2023

Lestarikan Situs Bersejarah, Karang Taruna Sidomukti Kebomas Gelar Lomba Mancing di Telaga Pegat Sunan Giri

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Karang Taruna Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kebomas mengadakan lomba memancing "Mancing Mania: di telaga pegat pada hari Ahad, 9 Juli 2023.

Diketahui salahsatu orang yang hadir dan ikut serta mensupport kegiatan tersebut adalah Ainul Farodisa tokoh perempuan kelurahan Sidomukti yang sekaligus ketua Fatayat NU Kabupaten Gresik.

Saat dikonfirmasi media GNN Ainul Farodisa menuturkan bahwa benar dirinya ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini selain bertujuan untuk menyalurkan hobi, juga untuk mengenalkan dan melestarikan situs bersejarah, sebagaimana kita ketahui bahwa telaga pegat ini adalah danau kecil situs peninggalan Sunan Giri yang konon sebagai pemisah antara gunung Petireman dan gunung  Bagong.

Telaga pegat ini dikisahkan hasil tancapan tongkat Sunan Giri yg memancarkan air tetapi tidak bisa meluap sehingga membentuk danau yang memang tidak pernah habis airnya walaupun di musim kemarau panjang, tuturnya.

Ainul juga mengatakan bahwa Kegiatan lomba ini diikuti oleh 100 peserta baik dari daerah di sekitar Gresik maupun luar kota, yang juga dihadiri oleh para pengurus karang taruna Sidomukti dan beberapa tokoh lainnya dan juga dihadiri oleh Lurah Sidomukti Sukarman yang sekaligus membuka acara tersebut

Ainul juga menceritakan apa yang disampaikan Kepala kelurahan Sidomukti Kebomas Sukarman saat membuka acara tersebut, antara lain "bahwa karang taruna harus menjadi promotor kemajuan desa dan mampu menciptakan kegiatan inovatif yang menjadikan Sidomukti lebih dikenal oleh dunia luas, Ya salah satunya dengan kegiatan lomba mancing mania ini" terang Ainul menirukan Lurah.

Sementara Hasan Fanani selaku ketua panitia lomba menegaskan bahwa "Lomba ini selain bersifat rekreatif juga tidak meninggalkan sisi historis, kedepannya kita pingin pelestarian situs bersejarah ini terus kita tingkatkan dan menjadi salah satu icon Kelurahan Sidomukti yang merupakan bagian dari daerah sekitar penyebaran islam Sunan Giri".

Adapun hasil akhir dari lomba ini dimenangkan oleh Bambang warga Randu Agung Kebomas sebagai juara I dengan berat ikan 2,7 kg dan Toni warga Sidomukti Kebomas sebagai juara II dengan berat ikan 2,4 kg.(WLO)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda