Sedekah Bumi Dusun Terongbangi Diselenggarakan di "PUNDEN" Makam Mbah Rustam dan Mbah Mesir - Gerbang Nusantara News

09 Juli 2023

Sedekah Bumi Dusun Terongbangi Diselenggarakan di "PUNDEN" Makam Mbah Rustam dan Mbah Mesir

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Warga Dusun Terongbangi Desa Kandangan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik menggelar sedekah bumi di punden atau makam leluhur. Minggu, 09/7/2023.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Kandangan Fenta Aquarista beserta seluruh jajaran, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik, Hj. Nur Saidah, SE, MM, Camat Cerme H. Umar Hasyim dengan didampingi TNI dan Polri serta diikuti oleh seluruh masyarakat Dusun Terongbangi. 

Adat sedekah bumi ini dilakukan oleh warga Dusun Terongbangi sebagai warisan budaya leluhur dan juga sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan rizki yang diberikan oleh Allah SWT selama satu tahun.

Acara dimulai dengan berkumpul di balai Dusun Terongbangi yang kemudian berjalan bersama menuju makam punden dengan membawa dua Ancak yang dan selanjutnya melaksanakan istiqosah dan tahlil bersama di punden atau makam leluhur Dusun Terongbangi tersebut.

Abdul Rojak selaku Kepala Dusun (Kasun) Terongbangi dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga Dusun Terongbangi yang sudah sangat kompak, rukun, guyup, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.ungkanya

Selanjutnya kades Kandangan Fenta Aquarista saat memberikan sambutan mengucapkan terimakasih kepada warga Dusun Terongbangi yang sudah melaksanakan sedekah bumi yang merupakan adat istiadat 7 para leluhur kita ini. Mudah mudahan sedekah bumi yang sudah dilakukan ini diridhoi Allah SWT dan semoga tanaman yang kita tanam bisa mendapatkan hasil yang melimpah.

" Dalam acara ini saya sengaja mengundang anggota DPRD Kabupaten Gresik untuk menghadiri tradisi sedekah bumi yang menjadi warisan leluhur kita ini agar tradisi atau adat istiadat warisan para leluhur kita ini bisa terus dilestarikan yang sekaligus agar bisa mengawal desa kita supaya bisa menjadi lebih baik dan maju" ujar Kades Fenta Aquarista.

Sementara Camat Cerme H. Umar Hasyim mengungkapkan, sedekah bumi ini merupakan budaya sesepuh atau leluhur yang harus terus diadakan dan dilestarikan karena dengan dilaksanakannya tradisi sedekah bumi ini menunjukkan bahwasanya warga Dusun Terongbangi ini sangat kompak, guyup dan rukun.ungkapnya

Umar juga mengatakan dengan kekompakan seluruh warga ini Desa Kandangan pada umumnya dan Dusun Terongbangi khususnya akan bisa lebih maju lagi, untuk itu ia berharap seluruh warga yang ada di desa Kandangan ini bisa kompak dan bersinergi bersama pemerintahan desa dalam mensukseskan segala program yang dibuat untuk memajukan desa  karena dengan kerukunan, kegotongroyongan dan kekompakan dari masyarakat semua program bisa terlaksana dengan baik, harapnya.

Usai melaksanakan istiqosah dan tahlil bersama di makam para leluhur, kegiatan sedekah bumi Dusun Terongbangi Desa Kandangan juga menyajikan pagelaran wayang kulit semalam suntup dengan Ki dalang Arin Wicaksono dari Kemlagi Mojokerto yang di tempatkan di balai dusun.(mhr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda