Tumpeng Raksasa, Ogoh - Ogoh dan Pagelaran Ludruk Budhi Wijaya Ramaikan Sedekah Bumi Dusun Boteng - Gerbang Nusantara News

06 Agustus 2023

Tumpeng Raksasa, Ogoh - Ogoh dan Pagelaran Ludruk Budhi Wijaya Ramaikan Sedekah Bumi Dusun Boteng

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Dusun Boteng menggelar Tradisi Sedekah Bumi yang dilaksanakan di balai dusun Boteng Desa Boteng Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Minggu, 04/08/2023.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Menganti Hendriawan Susilo, S.Psi., Kepala Desa (Kades) Boteng Suliswati beserta seluruh jajaran perangkat desa dan diikuti oleh seluruh masyarakat Dusun Boteng.

Kegiatan sedekah bumi Dusun Boteng ini diawali dengan mengadakan arak arakan tumpeng raksasa dan beraneka macam ogoh-ogoh yang dipanggul keliling desa Boteng oleh masyarakat di masing masing RT.

Kegiatan Arak arakan tersebut terlihat sangat meriah terbukti disepanjang jalan raya banyak sekali warga yang menyaksikan acara tersebut.

Zainudin Amar selaku panitia pelaksana yang sekaligus Kepala Dusun (Kasun) Boteng dalam sambutan mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat dusun Boteng yang telah mendukung kegiatan ini, karena tanpa dukungan dari seluruh masyarakat kegiatan sedekah bumi ini tidak mungkin bisa terlaksana dengan baik, ujarnya.

"Saya ucapkan terimakasih juga kepada Camat Menganti dan juga ibu kades yang sudah menyempatkan hadir dalam kegiatan ini. Semoga dengan adanya ritual sedekah bumi ini seluruh masyarakat dusun Boteng selalu diberikan kesehatan dan rizki yang melimpah oleh Allah SWT dan semoga kita bisa terus menjaga tradisi warisan leluhur kita ini yakni sedekah bumi", pungkasnya

Sementara Camat Menganti Hendriawan Susilo, S.Psi. mengatakan bahwa sedekah bumi adalah sebuah perwujudan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas rahmat serta karunianya selama setahun ini.ujarnya

"Beliau berharap agar tradisi sedekah bumi yang merupakan warisan leluhur ini bisa terus dilestarikan dan semoga dengan sedekah bumi yang telah dilaksanakan oleh warga dusun Boteng ini bisa menjadikan desa Boteng semakin maju dan masyarakatnya semakin makmur", pugkasnya.

Kegiatan sedekah Bumi Dusun Boteng juga diramaikan dengan  Pagelaran Ludruk Budhi Wijaya dari Ngusikan Jombang yang dilaksanakan pada malam harinya.(mhr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda