Wisata Berbasis Perspektif GEDSI Menjadi Program Kerja KKN Mahasiswa INSIDA Gresik Di Desa Hendrosari - Gerbang Nusantara News

14 Agustus 2023

Wisata Berbasis Perspektif GEDSI Menjadi Program Kerja KKN Mahasiswa INSIDA Gresik Di Desa Hendrosari

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Mahasiswa Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik (INSIDA) melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata atau yang lebih dikenal dengan sebutan KKN di Desa Hendrosari Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.

"Program KKN ini sudah kami dilaksanakan di Desa Hendrosari ini sejak hari Kamis, 10 Agustus 2023 kemarin dan kita akan melaksanakan program KKN ini hingga tanggal 11 September 2023 dengan membawah sebuah program yakni  Pengembangan edu  wisata lontar sewu sebagai wisata yang berbasis Perspektif gender, disabilitas dan inklusi sosial (GEDSI) , ungkap mahasiswi INSIDA Siti Candra Wulan kepada Media. Senin, 14/08/2023.

Candra menjelaskan bahwa dalam program ini, pertama kami akan melakukan sosialisasi dengan melibatkan seluruh elemen baik dari jajaran perangkat desa, para pemuda, ibu ibu dan juga anak anak." Sosialisasi yang akan dilakukan ini tidak hanya membahas secara khusus tentang pengembangan wisata lontar sewu berbasis GEDSI saja akan tetapi kita akan membahas GEDSI ini secara umum dan keseluruhan, sehingga nantinya bisa diterapkan oleh masyarakat dalam kegiatan sehari-hari.

"Kemudian untuk wisata berbasis Perspektif GEDSI di wisata lontar sewu kami akan mengawalinya di tempat parkir karyawan dengan membuat parkir disabilitas guna mempermudah pengunjung yang memiliki keterbatasan fisik agar tidak terlalu jauh untuk masuk ke tempat wisata, lalu yang kedua membuat ruangan bernama pojok laktasi dengan memanfaatkan ruangan yang kosong yang akan digunakan khusus untuk ibu menyusui, lansia dan juga anak-anak agar bisa nyaman ketika beristirahat. Lalu yang ketiga, kita membuat sarana edukasi ramah difabel yaitu membuat scan barcode di setiap tempat edukasi dan juga spot photo agar pengunjung difebel dapat mengetahui sejarah dari lontar sewu dan pengertian dan fungsi dari setiap wahana edukasi yang tersedia dan dimaksimalkan dengan mendirikan spot photo agar pengunjung bukan hanya bisa mengetahui edukasi,tetapi juga bisa mengeabadikan setiap moment yang ada di wisata lontar sewu", jelasnya.

Candra berharap kepada seluruh jajaran perangkat desa, pera pemuda dan seluruh masyarakat desa Hendrosari ini bisa membantu serta mendukung program yang akan kami laksanakan, sehingga program yang kami laksanakan selama satu bulan ini bisa berjalan dengan baik dan sukses, khususnya bisa bermanfaat bagi warga masyarakat Hendrosari, pungkasnya.

Sementara Aripin selaku sekretaris Desa (Sekdes) Hendrosari mengatakan, program yang akan dilaksanakan para mahasiswa INSIDA ini sangatlah bagus bagi masyarakat maupun bagi pengembangan wisata lontar sewu, ujarnya.

"Semoga dengan Sinergitas Bersama anak anak perguruan tinggi ini, Desa Hendrosari bisa lebih maju lagi dan bisa menjadi pengembangan bagi edu wisata yang ada di desa Hendrosari  sehingga semakin banyak pengunjung yang berminat untuk datang mengunjungi wisata lontar sewu ini dengan inovasi inovasi yang baru", pungkasnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda