ZERO WESTE, KKN Mahasiswa INSIDA DI Desa Pelemwatu - Menganti - Gerbang Nusantara News

12 Agustus 2023

ZERO WESTE, KKN Mahasiswa INSIDA DI Desa Pelemwatu - Menganti

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Mahasiswa Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik (INSIDA) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata atau yang lebih dikenal dengan sebutan KKN di Desa Pelemwatu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Jum'at, 11/08/2023.

KKN yang merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral.

Fikri selaku Dosen INSIDA mengatakan bahwa para mahasiswa INSIDA ini akan melaksanakan program KKN di Desa pelemwatu selama satu bulan dimulai sejak tanggal 10 Agustus hingga 11 September 2023, dengan membawa sebuah program Zero waste atau bebas sampah, ungkapnya kepada media.

"Karena di Desa pelemwatu ini ada wisata dan Desa wisata maka anak anak mengambil tema Zero waste, yakni dengan mengajarkan masyarakat bagaimana tata cara mengelolah limbahnya, kemudian membuat sebuah program program baru baik untuk masyarakat maupun untuk wisata yang ada di desa pelemwatu ini", ujarnya.

Fikri berharap kepada anak anak yang melaksanakan KKN ini bisa menjaga nama baik INSIDA, mudah berbaur dengan masyarakat dan apa yang sudah di dapatkan di kampus bisa diterapkan di sini juga kepada masyarakat, harapnya.

Senada juga disampaikan Hanis selaku ketua kelompok KKN INSIDA  mengatakan, program yang akan kami bawah untuk masyarakat di desa pelemwatu ini yaitu program dengan tema desa Zero waste, yang mana desa Zero waste itu sebuah program yang menjadikan desa yang terbebas dari sampah, yang mana sampah tersebut bisa dikelolah kembali sesuai jenisnya.

"Kemudian parenting mengajak orang tua bagaimana cara mendidik anak yang benar karena kebanyakan dari kelompok kami itu dari fakultas pendidikan." Ketika Farenting itu bagus, ketika anak itu sudah bagus di lini orang tua atau keluarga, anak anak tersebut masuk kedunia lembaga lembaga pendidikan itu akan mudah dengan begitu kita akan melahirkan generasi bangsa yang lebih unggul", ungkapnya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Pelemwatu Sukayin menyampaikan ucapan terimakasih kepada sekolah tinggi INSIDA Gresik yang telah memilih desa kami untuk dijadikan tempat KKN untuk para mahasiswa dan mahasiswinya, ungkapnya.

"Semoga dengan adanya anak anak KKN dari INSIDA ini bisa membantu kami dalam mengembangkan desa pelemwatu ini agar bisa menjadi desa yang lebih baik lagi", pungkasnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda