qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Bupati Gresik Bersama Kadinsos Salurkan BLT DBHCHT Kepada 213 Warga Kecamatan Benjeng

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, SE serahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2023.

Penyaluran bantuan dilakukan bupati bersama Kepala Dinas Sosial Umi Khoiroh dan Kepala Kantor Pos Indonesia cabang Gresik Maestro Yunan di Pendopo Kantor Kecamatan Benjeng, Sabtu (23/9/2023).

Bupati menyampaikan, bantuan ini dari hasil pajak rokok dengan pita cukai. Dari hasil cukai tersebut dikembalikan berupa bantuan langsung tunai yang bersumber dari DBHCHT. 

"Penerimanya, merupakan masyarakat miskin yang belum menerima bansos apapun, "ujar Gus Yani sapaan akrab bupati.

Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat bagi keluarga penerima. Dirinya berpesan agar bantuan ini nanti benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

"Saya berharap kepada penerima agar bisa memanfaatkan bantuan ini dengan semaksimal mungkin dan dipergunakan sesuai kebutuhan, "harapnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Sosial Umi Khoiroh mengatakan, BLT yang bersumber dari DBHCHT untuk Kecamatan Benjeng akan diberikan kepada 213 KPM berasal dari 80 petani dan 133 lainnya dari masyarakat menurut pendataan kami sedang membutuhkan bantuan.

"213 penerima ini berasal 19 desa dari 22 desa di Kecamatan Benjeng. Untuk 3 desa yang lainnya karena sesuatu hal pengajuannya masih belum memenuhi indikator yang kami tetapkan. Insya Allah di tahap kedua 3 desa akan diberikan tahap berikutnya, "terangnya.

Bantuan ini, lanjut Umi, diberikan kepada KPM senilai Rp. 600 kali 3 jadi hari ini masing-masing KPM menerima senilai Rp. 1.800  "mudah-mudahan bantuan tunai langsung ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, "pungkasnya.

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis, pada kesempatan, Bupati Yani memantau langsung penyaluran BLT tersebut, sambil menyapa warga yang akan menerima bantuan. 

Handoyo (62) warga asal Desa Klampok penerima BLT tampak tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya saat ditanya langsung bupati. Bapak ? uangnya nanti dipergunakan untuk apa ? tanya bupati.

"Alhamdulillah, bisa buat untuk membeli sembako, terima kasih bapak bupati dan pak kepala desa, "ujarnya dengan wajah sumringah.

Disela acara pembagian BLT DBHCHT bupati dicurhati oleh warga Gluranploso Kecamatan Benjeng. Bahwa Keluarga penerima manfaat (KPM) atas nama almarhumah Rawi (64) asal Dusun Prambon Desa Bulangkulon sudah meninggal dunia beberapa waktu lalu, namun bantuan tersebut diwakilkan oleh Rozi (70) suaminya.

Mendengar curhatan warga tersebut Gus Yani langsung merespon. Bupati mengatakan bahwa keluarga tersebut sudah masuk di pendataan. Saat tahapan penyaluran beliaunya meninggal dunia.

Didampingi Kadis Sosial dan Kepala Kantor Pos Cabang Gresik bupati menyaksikan penyerahan BLT DBHCHT kepada salah satu perwakilan keluarga almarhumah rawi yakni suaminya Rozi.(dvd)

Baca Juga

Related Posts