Hadiri Sedekah Bumi Desa Sawo, Bu Min Bangga Melihat Budaya Khas Indonesia Terus Lestari - Gerbang Nusantara News

21 September 2023

Hadiri Sedekah Bumi Desa Sawo, Bu Min Bangga Melihat Budaya Khas Indonesia Terus Lestari

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Indonesia kaya akan tradisi di tiap-tiap wilayahnya. Salah satunya adalah tradisi sedekah bumi yang sudah ada sejak jaman nenek moyang. Menariknya, tradisi sedekah bumi ini masih eksis digelar oleh masyarakat. Tidak terkecuali, masyarakat Desa Sawo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Kamis (21/09).

Hal ini mengundang apresiasi dari Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah. Wabup mengatakan bahwa Desa Sawo telah berjasa dalam melestarikan budaya positif khas Indonesia.

"Di Sawo ini sudah _nguri-nguri_ (melestarikan) budaya Indonesia, yaitu sedekah bumi. Kita tahu budaya ini telah ada sejak dulu dan dilakukan oleh mayoritas desa yang lain di Indonesia caranya masing-masing," ujar wabup saat menghadiri gelaran sedekah bumi Desa Sawo.

Dalam momen tersebut, wabup juga dibuat takjub dengan antusiasme warga Sawo. Ratusan warga tumpah ruah meramaikan gelaran sedekah bumi siang itu. Tak ketinggalan desa juga menyiapkan 2 tumpeng besar hasil bumi untuk dibagikan pada warga.

Ditambah puluhan tumpeng dari para warga dalam rangka lomba tumpeng hias, menambah semarak sedekah bumi tahun ini. Menurut wabup yang akrab disapa Bu Min itu, ini merupakan bentuk rasa syukur atas karunia yang diberikan oleh sang pencipta.

"Ini menunjukkan kalau kita berterima kasih kepada Allah SWT, maka bumi yang kita tempati akan memberikan berkah bagi kita semua." ucap Bu Min.

Selain itu, Bu Min juga berpesan agar tetap menjaga kebersihan lingkungan selama gelaran berlangsung. Tujuannya untuk menambah nilai-nilai positif dalam rangka mewujudkan Gresik ramah lingkungan.

Untuk menambah semarak gelaran sedekah bumi kali ini, Desa Sawo juga menyiapkan berbagai macam hiburan seperti drum band dan gamelan. Turut mengundang pula seluruh Kepala Desa se Kecamatan Dukun dan Forkopimcam Dukun. (tlh)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda