Meriahnya Sedekah Bumi Dusun Ngablak Desa Kedungrukem Serasa Karnaval - Gerbang Nusantara News

16 Oktober 2023

Meriahnya Sedekah Bumi Dusun Ngablak Desa Kedungrukem Serasa Karnaval


Gresik, GNN  gerbangnusantaranews.com

Masyarakat Dusun Ngablak Desa Kedungrukem Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik selenggarakan sedekah bumi tahun 2023 dengan berbagai macam kegiatan antara lain :

- Qotmil Quran : Sabtu 14 oktober 2023 pukul 06.00 wib. Lokasi: Balai dusun ngablak 

- Doa bersama : Sabtu 14 Oktober 2023 16.00 wib. Lokasi makam dusun Ngablak 

- Manaqib : Sabtu 14 oktober 2023 pukul 18.00v- selesai lokasi balai dusun ngablak 

- Tasyakuran (Ambengan) Lokasi: Balai dusun Ngablak Minggu 15 Oktober 2023 pukul 10.30 wib. - selesai 

- Kirab gunungan Lokasi start dan finish dusun Ngablak Minggu 15 Oktober 2023 pukul 12.30 wib. - selesai 

- Wayang kulit : Minggu 15 Oktober 2023 Dalang Ki Didik Sasmito Aji pukul  18.00 wib. - selesai Lokasi balai dusun Ngablak.

VIDEO KIRAB 

Kepala Dusun Ngablak Heri Cahyono menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan satu tradisi warga dusun dalam mengungkapkan syukur secara bersama sama, tak lupa Ia juga menyampaikan terimakasih kepada panitia pelaksana, masyarakat serta  semua yang terlibat dalam mensukseskan agenda tahunan ini.

Ia berharap dengan pelaksanaan sedekah bumi ini, semoga masyarakat selalu diberi rizki yang berlimpah dengan hasil panen yang sesuai harapan serta dijauhkan dari bencana dan bahaya.

Senada juga disampaikan oleh Kaur Kesra Desa Kedungrukem Ustadz  Hariyanto yang bertindak imam pelaksanaan doa bersama, Ia mengatakan kagum atas kekompakan warga masyarakat Dusun Ngablak, semoga hal ini bisa di pertahankan sehingga kebersamaan ini bisa nembawah kebaikan dan keberkahan pada dusun dan masyarakat. 

VIDEO DOA BERSAMA

Sementara Kepala Desa Kedungrukem Bayu Prahaja Hadinata, S.Sos, saat melepas keberangkatan peserta kirab gunungan yang berupa hasil bumi dan jajanan produk lokal, Ia mengatakan rasa bangga atas kebersamaan dan kesadaran masyarakat Dusun Ngablak dalam setiap kegiatan baik ditingkat dusun maupun tingkat desa, hal ini ptut dipertahankan serta bisa jadi contoh.

Kita semua mengetahui masyarakat Dusun Ngablak memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi bahkan itu tidak sekedar hobi dan kesenangan saja, namun bisa dikembangkan menjadi satu karya yang bisa menambah penghasilan seperti keahlihan atau keterampilan mengelola bambu menjadi berbagai macam kerajinan, terangng Bayu.

Kegiatan berlangsung meriah dengan suasana kekeluargaan yang luar biasa.(WLO).


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda