qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Pangkoarmada II Hadiri Peringatan Hari Nusantara 2023

Tidore, GNN gerbanngnusantaranews.com

Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Peni Yayan Sofiyan, menghadiri acara peringatan Hari Nusantara Tahun 2023, yang digelar di Kota Tidore, Kepulauan Maluku Utara, Rabu (13/12/2023).

Hari Nusantara adalah suatu peringatan dari Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember 1957, yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Adapun tema yang diangkat dalam peringatan Hari Nusantara Tahun 2023 yakni  "Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah", dengan maksud untuk mengangkat kembali posisi Tidore yang dikenal sebagai pusat rempah-rempah seperti cengkeh pada dekade 60 hingga 70-an. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, melalui sambutannya menyampaikan bahwa, tujuan dari Hari Nusantara 2023 adalah untuk memperingati keberagaman budaya, meningkatkan rasa persatuan, menghargai kekayaan alam dan sumber daya, mendorong pariwisata domestik, serta meningkatkan semangat gotong royong dengan memahami arti penting Wawasan Nusantara.

Menhub melalui sambutannya juga menyampaikan, sesuai Intruksi Presiden Republik Indonesia  Bapak Joko Widodo yaitu, "Membangun Indonesia dari Pinggiran melalui Peningkatan Peran dan Daya Saing Daerah". Kegiatan ini untuk memastikan bahwa pembangunan nasional tidak hanya terpusat, tetapi juga merata ke seluruh pelosok Indonesia.

Peringatan Hari Nusantara tersebut dimeriahkan dengan Sailing Pass dari Kapal Perang Republik Indonesia TNI Angkatan Laut,  parade perahu nelayan, pagelaran tarian kolosal, terjun payung, dan demonstrasi paramotor. (hjr)


Baca Juga

Related Posts