qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Persiapkan Kader Militan, IPNU-IPPNU PAC Dukun Gelar Diklatama

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik selenggarakan Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) yang ke- XVI

Acara yang berlangsung di Aula KH Hasyim Asy'ari MWC NU Dukun Jalan Raya Mojopetung Dukun dengan diikuti oleh 19 peserta (25-27 Desember 2023)

KH Moh Sholeh MAg, Ketua Tanfidziyah  Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dalam sambutannya menegaskan, pentingnya keberlangsungan atau eksistensi organisasi.

“Keberlangsungan, eksistensi atau kesinambungan organisasi bergantung pada perencanaan dan proses pengkaderan melalui pemberian materi-materi dengan susunan doktrin yang tepat,” tegasnya.

Dikatakan, Diklatama menjadi gerbang masuk strategis dalam menjaga keberlangsungan NU sebagai organisasi yang akan segera memasuki usia dua abad.

“Kekuatan NU sebagai organisasi dengan basis santri yang notabene produk dari para kiai di pesantren adalah tawadhu," ucapnya. 

Menurutnya, implementasi sifat Tawadhu dalam berorganisasi adalah dengan memahami betul posisi atau hirarki dalam berorganisasi yang dipraktikkan melalui koordinasi organisasi. 

"Hal inilah yang menjadikan NU besar dengan semua banomnya. Inilah salah satu poin penting yang harus diajarkan dalam Diklatama, dan yang penting adalah ptogram pengkaderan," ungkapnya.

Sementara itu Ketua IPPNU Kecamatan Dukun Silvi Titasari menjelaskan, Diklatama di lingkungan IPNU-IPPNU bertujuan untuk mencetak kader-kader baru Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP).

“Tujuan utama kegiatan ini tentu untuk kaderisasi. Selain itu, juga sebagai sarana menjaring kader yang loyal dan militan terhadap organisasi yang serius dalam mengawal ngragat, ngrumat, dan khidmat di IPNU-IPPNU PAC Dukun" terangnya.

Disampaikan, Silvi panggilan akrabnya Diklatama adalah sebuah kegiatan pengkaderan tahap awal bagi anggota IPNU-IPPNU.

“Ada 12 materi yang disampaikan, di antaranya materi Aswaja An-Nahdliyah dan Wawasan Kebangsaan sebagai penguatan doktrin untuk mengamalkan amaliah NU dan cinta tanah air,” pungkasnya.

Hadir dalam pembukaan acara Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Dukun beserta Badan Otonom (Banom), Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP)   Pimpinan anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Dukun dan dari beberapa unsur lainnya. (Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts