qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

JKN Asuransi Terbaik, Pelayanan Tanpa Ribet

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com 

Alami sakit gigi dan butuh penanganan pengobatan cepat, peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (Program JKN) asal Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Siswanto (31) membagikan kisah bahwa dirinya telah dibantu layanan Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi yang merupakan inovasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) ini telah menawarkan beragam fitur termasuk fitur Pendaftaran Pelayanan (Online).

“Saat itu tiba-tiba gigi saya sakit sekali, gusi juga sampai bengkak. Saya sempat bingung bagaimana kondisi seperti ini hars mendaftar ke dokter gigi. Setelah tau bahwa bisa melakukan pendaftaran lewat Mobile JKN, tanpa berlama-lama saya langsung mendaftar untuk hari itu juga,” tutur Sis.

Pria yang berprofesi sebagai pegawai swasta ini mengungkapkan bahwa pendaftaran melalui layanan digital tersebut sangat menguntungkan dirinya. Pasalnya, alur pendaftarannya mudah dan tidak ribet. 

“Caranya gampang banget. Kebetulan juga saya pengguna Aplikasi Mobile JKN yang sudah beberapa kali memanfaatkan aplikasi tersebut, jadi tambah cepat. Setelah log in, Aplikasi Mobile JKN akan menampilkan berbagai macam fitur. Untuk pendaftaran pelayanan ke Fasilitas Keshatan saya pilih fitur Pendaftaran Pelayanan (Antrean),” sebutnya.

Selanjutnya, kita diarahkan untuk memilih Jenis Fasilitas Kesehatan. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, atau Faskes Rujukan Tingkat Lanjut. 

“Karena ke dokter gigi, jadi saya pilih Faskes Pertama. Setelah itu akan muncul nomor kepesertaan kita, nama dokter, serta waktu kunjungan. Untuk waktu kunjungan ini ada dua yakni untuk hari yang sama dan hari selanjutnya” ungkap Sis.

Pendaftaran pelayanan melalui Aplikasi Mobile JKN ini  dibuka 24 jam sebelum jadwal buka operasional fasilitas kesehatan dan ditutup 1 jam sebelum jam tutup operasional fasilitas kesehatan. Lebih lanjut, Sis menyebutkan bahwa bukan hanya kemudahan administrasi yang Ia rasakan melainkan pelayanan kesehatan yang sangat baik.

“Saya sangat mengapresiasi pelayanan JKN. Sejauh pengalaman saya punya asuransi, akses pelayanan JKN ini yang terbaik dan tidak ribet alurnya. Daftarnya mudah, pelayanan dokternya juga ramah dan tentunya saya puas dan akan selalu mengandalkan JKN ketika saya dan keluarga sakit,” imbuhnya.

Sis menambahkan, selain dirinya istri dan tiga buah hatinya kerap menggunakan JKN saat sakit. Bahkan sang istri, terbantu selama kehamilan hingga proses persalinan. 

“Istri saya dari saat hamil, kontrol dan USG juga pakai JKN. Saat kelahiran anak saya, mulai anak pertama hingga anak ketiga juga semuanya dibantu JKN. Istri saya melahirkan secara normal, seperti kita tau biaya persalinan in ikan tidak murah. Dengan JKN ini saya tidak mengeluarkan biaya apa pun. Fasilitas dan pelayanannya juga memuaskan semua,” kata Sis. 

Sementara itu, selain fitur Pendaftaran Pelayanan (Antrean) pada Aplikasi Mobile JKN terdapat juga fitur Informasi Program JKN, Informasi Lokasi Faskes, Data Peserta, Perubahan Data Peserta, Penambahan Peserta, Informasi Iuran, Pendaftaran Auto Debit, Informasi Ketersediaan Tempat Tidur Pendaftaran Pelayanan (Antrean), Konsultasi Dokter, Pendaftaran Program Rehab (Cicilan), Skrining Riwayat Kesehatan, Informasi Riwayat Pelayanan, Informasi Riwayat Pembayaran, Informasi Jadwal Tindakan Operasi, Info Virtual Account serta Pengaduan Layanan JKN.

Aplikasi Mobile JKN ini bisa diunduh di Play Store dan App Store. Setelah berhasil, bagi peserta yang belum memiliki akun Mobile JKN dapat memilih menu Daftar dengan mengisi data pribadi dan konfirmasi dilakukan melalui nomor telepon atau email. Sedangkan, bagi peserta yang sudah memiliki akun, langsung masuk aplikasi dengan mengisi nomor identitas peserta dan kata sandi. (rn/qa)

Baca Juga

Related Posts