qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Kakanwil Jatim Mas Maram, Kunjungi Kemenag Gresik

GRESIK, GNN gerbanngnusantaranews.com

Nasib seseorang memang tidak bisa ditebak. Semua Allah yang Maha Mengatur. Siapa sangka, Husnul Maram yang dulunya Kasubbag TU Kemenag Gresik, kini ditakdirkan Allah menjadi orang nomor satu di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Jawa Timur. 

Ya, Dr. KH. Husnul Maram, M.HI, putra daerah asli Desa Bolo, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik ini kini mengemban amanah sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur. "Saat berkunjung ke Gresik berasa seperti reuni dan nostalgia," ucap Mas Maram yang dikenal tetap rendah hati ini saat melakukan kunjungan ke Kemenag Kabupaten Gresik ini, Selasa (9/1/2024). 

Dalam kunjungan tersebut, Mas Maram melakukan kegiatan pembinaan ASN dan Tasyakuran Gedung PLHUT Kemenag Gresik dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Ke-78 Kementerian Agama RI. Kepala Kemenag Gresik, H. Moh. Ersat, Kasubbag TU Kemenag Gresik, H. Muh. Ali Faiq, seluruh Kepala Seksi Kemenag Gresik, Penyelenggara Zawa, hadir dalam acara pembinaan ASN dan tasyakuran Gedung PLHUT Kemenag Gresik diikuti oleh seluruh ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Hadir juga Ketua DWP Kanwil Kemenag Jawa Timur, Hj. Zulfatul Mufidah Maram, Ketua DWP Kemenag Gresik, Hj. Yuliastutik Ersat dan seluruh anggota DWP.

Kegiatan ini diawali dengan pemotongan pita peresmian gedung PLHUT Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jatim, H. Husnul Maram, didampingi oleh Kepala Kemenag Gresik, H. Moh. Ersat. Gedung Pusat pelayanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik secara resmi telah selesai dibangun. Peresmian ini menjadi momen penting yang dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk seluruh ASN Kantor Kemenag Gresik dan perwakilan DWP.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan ASN oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur, H. Husnul Maram, dan diawali dengan sambutan oleh Kepala Kemenag Gresik, H. Moh. Ersat.

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Gresik, Dr. H. Moh. Ersat, M.HI menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Kepala Kanwil Kemenag Jatim, H. Husnul Maram. Beliau juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan gedung PLHUT. Peresmian gedung ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

Beliau juga menyampaikan pesan dari Menteri Agama RI ketika acara HAB Ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta : 

1. ASN Kementerian Agama menjadi perekat masyarakat dan aktif menjaga kondusivitas lingkungan masing-masing.

Mencegah tempat-tempat ibadah dan lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama dijadikan sebagai ajang politisasi agama dan provokasi politik

2. Setiap ASN Kementerian Agama saya minta tetap bekerja optimal melayani umat beragama.

Jangan beri celah kepada pihak-pihak tertentu mendiskreditkan kita dan mengambil keuntungan politik pada masa kampanye ini akibat keteledoran atau kelalaian kita.

Setelah sambutan oleh Kepala Kemenag Gresik, H. Moh. Ersat dilanjutkan Pembinaan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Dr. KH. Husnul Maram, M.HI. Dalam pembinaannya, Kakanwil Kemenag Jmenyampaikan bahwa bantuan SBSN sangat terbatas, oleh karena itu perlunya bantuan/kerjasama dari pihak lain dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik.

Beliau kemudian meminta untuk mempersiapkan madrasah yang digital/digitalisasi madrasah kepada seluruh madrasah-madrasah yang ada di Kabupaten Gresik, seperti memberikan pelatihan digital kepada seluruh tenaga pendidik. 

Mas Maram juga meminta untuk memperkuat organisasi yang ada di Kementerian Agama, perlu dikuatkan kembali : 

1. Teamwork di berbagai satker yang ada di Kabupaten Gresik. 

2. Langkah berikutnya adalah perkuat jejaring (networking), seperti hubungan KUA dengan seksi Bimas Islam dan seksi-seksi yang lain.

3. Kolaborasi dan inovasi. Seperti Kepala KUA mempunyai impian untuk mendirikan 1 kampung moderat (moderasi beragama) di suatu desa.

Sejalan dengan itu, beliau menyampaikan bahwa seluruh kegiatan yang kita lakukan harus sesuai dengan semangat moderasi beragama. Jangan sampai ada ASN Kementerian Agama yang tidak paham tentang moderasi beragama, yang merupakan cara pandang, cara sikap, cara praktek harus sesuai dengan ajaran yang dianut.

Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jatim, H. Husnul Maram memberikan pesan kepada seksi pendidikan madrasah untuk mencari terobosan kepada madrasah-madrasah terutama yang swasta untuk mendapatkan sesuatu dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik.

Acara ditutup dengan foto bersama seluruh satker di lingkungan Kantor Kemenag Gresik. Semoga pembinaan ASN dan tasyakuran ini dapat menjadi momentum positif untuk kemajuan Kemenag Gresik dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (Didik Hendri Telisik Hati) 

 

Baca Juga

Related Posts