qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Musrenbang Kecamatan Balongpanggang Tahun Anggaran 2025

Gresik, gerbangnusantaranews.com 

Dalam rangka sinkronisasi usulan program agar saling menunjang dan selaras antara program pusat, daerah dan desa hari ini (Selasa, 27 Februari 2024) kecamatan Balongpanggang selenggarakan Musrenbang tahun anggaran 2025 di pendopo kecamatan yang dihadiri Forkopimcam Balongpanggang (Camat Suryo Wibowo, Kapolsek AKP Dawud dan Danramil Kapten Inf. Kuntoko), Kepala Dinas PMD Abu Hasan, tim dari Kabupaten Gresik (Bapeda dan DLH), Ketua AKD Balongpanggang Siswadi serta Kades sekecamatan serta  dan undangan lainnya.


Camat Balongpanggang Suryo Wibowo sampaikan perlu ada penajaman dalam merumuskan usulan terutama yang berkaitan dengan sekala prioritas diantaranya TPS 3R, Pelatihan Kerja dan Rumah Layak huni.

Selain itu Ia juga menyampaikan bahwa ada hal yang perlu diperhatikan dari instansi terkait yang bisa dimasukkan dalam perioritas adalah ruas jalan yang rusak di sepanjang jalan Balongpanggang ke arah barat dan arah utara

Edi selaku narasumber dari Bapeda menyampaikan bahwa dalam penyusunan program perlu mempertimbangkan program yang tepat guna dan tepat sasaran diantara yang perlu dilakukan antara lain : Menentukan lokus yang menjadi prioritas sehingga bisa diambil langka strategis dengan cara meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan sekala prioritas menjadi sekala super prioritas.

Perlu dipahami bersama bahwa dalam pembangunan bangsa dan negara ini, yang menjadi ujung tombaknya adalah desa, sehingga perlu adanya komitmen untuk mewujudkan pembangunan yang bermanfaat dam berkelanjutan, tentunya harus selaras dengan nawa karsa bupati Gresik.

Jadi pada intinya dalam merumuskan perencanaan program pembangunan harus selaras dengan tetap mengedepankan atas manfaat sesuai kebutuhan masyarakat baik pembangunan fisik maupun sepiritual, pungkasnya, sembari menekankan pada peningkatan sumber daya manusia dan sektor lainnya (pertanian, kesehatan dan perekonomuan).

Pada sesi diskusi (tanya jawab) ada beberapa usulan yang perlu adanya tindak lanjut antara kain :

- Perwakilan dari perkumpulan BPD Balongpanggang yang juga ketua MUI, KH. Faishol tentang Kantor MUI Kecamatan 

- Ketua AKD Kecamatan Balongpanggang Siswadi, terkait fasilitas penunjang dalam penanganan sampah baik terutama pada kebutuhan armada (alat angkut) menuju pensmpungan akhir.

Diakhir acara Kepala Dinas PMD Kabupaten Gresik Abu Hasan memberikan pencerahan serta menjawab apa yang menjadi uneg uneg peserta musrenbang.

Disamping itu Abu Hasan juga memberi rumusan teknis dalam merencanakan terutama dalam mengelola aset desa dan penggunaan dana desa sehingga tetap sesuai dengan nama karsa Bupati, Nawa Bakti Gubernur Jawa Timur dan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia, pungkasya sembari berpesan mari kita jaga dan kita lestarikan bersama program pembangunan yang sudah bagus.(WLO)


Baca Juga

Related Posts