qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

RS Gresik Sehati Siap Beroperasi Tahun Ini, Sebagai Wujud Implementasi Nawa Karsa Gresik Sehati

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com 
Bersiap memperingati hari jadi Kabupaten Gresik yang ke-537 tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menggunakan momentum yang sarat makna inj, dengan mengawali rangkaian peringatan HUT dengan menggelar kegiatan tasyakuran atas berdirinya Gedung Rumah Sakit (RS) Gresik Sehati, Senin (26/02). Tidak hanya itu, gelaran tasyakuran ini juga dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan pelayanan kesehatan dasar, mata, THT, kulit, serta khitan umum secara gratis.

RS Gresik Sehati, sebagaimana yang disampaikan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat membuka acara, merupakan monumen pelayanan kesehatan bagi masyarakat Gresik. Khususnya bagi mereka yang berada di Wilayah Selatan Kabupaten Gresik. Rumah sakit ini, juga merupakan wujud nyata Nawa Karsa Bupati dan Wakil Bupati yakni Gresik Sehati.

"Berdirinya rumah sakit ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Apalagi saat ini Kabupaten Gresik sudah berjalan _Universal Health Coverage_ (UHC) 100%," ungkap Bupati Yani.

Ditambahkan Bupati Yani, dengan adanya komitmen memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara gratis lewat UHC, maka peran pemerintah daerah berikutnya adalah membangun akses pelayanan kesehatan yang layak bagi masyarakat.

"Rumah sakit ini menjadi harapan besar bagi masyakat khususnya di wilayah Gresik Selatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa perlu jauh ke tengah kota. Alhamdulillah, hari ini tepat 3 tahun yang lalu saya dan bu wabup dilantik, kita sudah bisa melihat bangunan RS yang megah ini berdiri," ujarnya.

Apresiasi atas berdirinya RS Gresik Sehati ini juga datang dari Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI, drg. Yuli Astuti Saripawan. Dalam keterangan yang diberikan kepada awak media, drg. Yuli Astuti memberikan apresiasi tinggi kepada bupati dan wakil bupati beserta jajarannya.

Apresiasi ini lantaran berdirinya RS Gresik Sehati  sejalan dengan program dari Kementerian Kesehatan RI yakni mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Dengan adanya RS Gresik Sehati ini, mampu mengcover setidaknya empat kecamatan di Kabupaten Gresik. Jadi masyarakat tidak bertumpuk di rumah sakit di tengah kota. Apalagi ditambah dengan adanya program UHC dan fasilitas bangunan, maka insyaallah mutu layanan bisa baik," terangnya.

Rumah sakit yang berada di Desa Slempit Kecamatan Kedamean ini dibangun dengan luas bangunan 11.570 m², yang berdiri di lahan seluas 8.500 m². Nantinya, RS Gresik Sehati ini mampu menampung kapasitas pasien dengan 100 tempat tidur. Rencananya, rumah sakit ini akan beroperasi secara penuh pada tahun 2024.

Tampak hadir mendampingi Bupati Yani dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rahman, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr. Mukhibatul Khusnah, Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Gresik Ida Lailatussa'diyah, serta beberapa pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik. (nnd)

Baca Juga

Related Posts