qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Wabup Gresik Berangkatkan 18 Bus untuk Mudik Gratis Bareng Gus Yani dan Bu Min

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah melepas keberangkatan peserta mudik gratis bareng Gus Yani dan Bu Min tahun 2024. Pelepasan digelar di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, Minggu, (7/4/2024).

Mudik gratis tahun ini Pemkab Gresik melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menyediakan 18 armada bus dengan tujuan. Di antaranya Gresik-Jombang-Nganjuk-Madiun-Ponorogo, Gresik-Lamongan-Bojonegoro-Tuban, Gresik-Probolinggo-Banyuwangi, Gresik-Lumajang-Jember, Gresik-Malang-Blitar, Gresik-Kediri-Tulungagung.

Gresik-Bojonegoro-Padangan-Ngawi.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengatakan, mudik gratis ini bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Gresik dalam memfasilitasi masyarakat Gresik maupun dari luar yang bekerja di Gresik.

"Melihat antusiasme masyarakat mudah-mudahan tahun depan bisa menambah armada bus. Sehingga dapat mengangkut saudara-saudara kita yang ingin mudik namun kehabisan kuota,"harapnya.

Disamping Mudik Gratis, lanjut Bu Min sapaan akrab wabup, Pemkab Gresik juga memfasilitasi penjemputan Gratis anak-anak atau santri asal Gresik yang mondok di Pondok pesantren di Jawa Timur.

Bu Min juga mengimbau kepada pemudik untuk mengecek terlebih dahulu rumah dan memastikan untuk tidak lupa mematikan kompor, air PDAM, listrik atau barang lainnya yang dapat mengancam keselamatan bersama. 

"Saya minta pemudik untuk menitipkan tetangga kanan kirinya yang tidak tidak mudik. Sehingga bisa dihubungi apabila ada hal yang lupa. Mudah mudahan diberi kelancaran selamat sampai tujuan selamat hari raya idul Fitri 1445 H,"pungkasnya.

Di tempat sama Kepala Dinas Perhubungan Khusaini, menambahkan, program mudik gratis ini juga bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya serta memberikan pengalaman mudik yang lebih nyaman dan aman bagi para pemudik.

Dirinya menambahkan, mudik gratis Pemkab Gresik tahun ini diikuti sebanyak 1.030 pemudik yang disediakan 17 bus dan 1 bus bantuan dari Polres Gresik total 18 armada bus.

"Mudik gratis ini yang terpenting adalah kami sudah pastikan aman termasuk armada bus sudah laik jalan. Serta telah diperiksa semua kelengkapan termasuk kondisi kesehatan pengemudi,"singkat Khusaini.

Salah satu pemudik asal Probolinggo, Muhdofar (42) mengaku senang dengan adanya mudik gratis yang diadakan oleh Pemkab Gresik. Sebab, dirinya dapat menghemat biaya transportasi.

"Mudik gratis ini saya sudah ikut terus sejak Bupati Gus Yani dan Bu Min. Saya senang kalau ada mudik gratis karena selain hemat fasilitas bus nya juga nyaman," ucapnya.

Pihaknya, juga berharap mudik gratis ini terus diadakan tiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Selain itu semoga bisa menambah rute dan armadanya di tahun depan.

"Semoga di tahun-tahun depan bisa menambah rute dan jumlah bis nya. Karena saudara saya juga ada yang mudik tapi kasihan tidak bisa ikut mudik gratis kayak ini. Soalnya rute yang dituju yaitu ke Kabupaten Pati Jawa Tengah,"harapnya.

Turut mendampingi Wakil Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, dan Forkopimda Gresik.

Hadir pula, Kepala Diskominfo Gresik Ninik Asrukin, Kepala BKPSDM Agung Endr DSU, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Arif Wicaksono, Staf Ahli Bidang Fisik Prasarana Johar Gunawan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Nadlelah, serta Kepala KBPPPA Titik Ernawati.(dvd).

Baca Juga

Related Posts