Pembuatan Minuman Serbuk Jahe dan Pandan Bersama PKK Kelurahan Bedilan Gresik - Gerbang Nusantara News

08 Mei 2024

Pembuatan Minuman Serbuk Jahe dan Pandan Bersama PKK Kelurahan Bedilan Gresik

Oleh : Mahasiswa Kelompok KKN Tematik Kelompok 20 Universitas Muhammadiyah  (UMG) 
Gresik


Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) laksanakan tugas akademis yakni studi lapang dan pengabdian masyarakat yang biasa disebut Kuiah Kerja Nyata (KKN), seperti yang sedang dilaksanakan Mahasiswa Kelompok KKN TEMATIK kelompok 20 di Kelurahan Bedilan Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik.

Dalam kegiatan tersebut banyak manfaat yang bisa dirasakan baik untuk peserta KKN maupun bagi masyakat terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari Pemerintah Kelurahan Bedilan terutama Pemberdayaan Kesejahteraaan Keluarga (PKK) dengan menggagas serta menciptakan program program kerja guna penunjang kesejahteraan masyarakat, seperti menuangkan hasil observasi dalam satu program.

Adapun hasil observasi tersebut adalah di Kelurahan Bedilan masyakat banyak menanam tanaman daun pandan di perkarangan rumah, yang kemudian tim (peserta KKN) mengadakan “Workshop Pembuatan Minuman Serbuk Jahe dan Pandan”, di Aula Kelurahan Bedilan di pada tanggal 22 maret 2024 dengan peserta dari ibu ibu PKK.

Dalam workshop tersebut disosialisasikan secara gamblang manfaaat jahe dan pandan, serta bagaimana cara mengelolanya menjadi produk yang lebih bermanfaat seperti herbal, minuman instan (minuman instan dari pandan dan jahe) yang ke depan diharapkan bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat khususnya PKK.

Dari hasil pengamatan peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut sebab dirasa besar manfaatnya, seperti yang dituturkan Ketua PKK Kelurahan Bedilan Jayanti Ariani yang mengatakan bahwa praktik pembuatan minuman instan jahe dan pandan ini benar benar bermanfaat sebab selama ini daun tanaman tersebut hanya digunakan untuk pewarna saja, namun dengan adanya pelatihan ini yang menurut peserta tidak sulit dan tidak lama maka ini benar benar menjadi peluang baru yang dapat menumbuhkan inovasi dalam berwirausaha, pungkasnya sembari mengajak peserta untuk mempraktekan dalam keseharian.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda