qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Jangan Lepas 9 Unsur Ketika Menulis di Online

Surabaya, Jangan sampai melepaskan 9 unsur ketika anda akan menulis di media online.

"9 unsur itu diantaranya dianggap penting, aktual, unik/khas,kedekatan,keterkenalan/tokoh, besar (berhubungan dengan angka-angka), Ngetren/populer,human interes,konflik. Tidak harus lengkap , minimal ada 2 sampai 3 unsur ada sehingga menarik untuk dibaca,' ujar Danang Nur Ihsan selaku narasumber Workshop Menulis Konten Populer Media Online yang digelar Solopos Institute melalui zoom (19/5).

Danang sapaan akrab pria yang baru sekitar enam belas tahun berkiprah di media dan kini dipercaya sebagai Redaktur Pelaksana Solopos Digital menjelaskan pembaca media cetak sangat beda dengan media online. 

Jika media cetak pembaca disuguhkan dari lembar demi lembar halaman bahkan harus buka halaman berikutnya jika bersambung.

Sementara online harus memadatkan isi berita, makanya judul dan lead harus nyambung, baru body berita bisa lebih mengerucut lagi materinya, seperti piramida terbalik. 

"Jangan sampai judul sama leadnya nggak nyambung, nanti yang membaca bingung, judulnya sama leadnya kok gak ada kaitannya,' ujarnya.

Sementara itu, narasumber berikutnya Workshop Menulis Konten Populer di Media Online Rini Yustiningsih Pemimpin Redaksi Solopos Group, mengangkat pentingnya foto dalam mendukung pemberitaan yang bagus. 

''Lima unsur foto di nilai katagori bagus diantaranya memenuhi unsur dramatis artinya bukan asal mengambil foto, emosional artinya foto yang dimuat benar benar menyentuh, keunikan (obyek yang diambil termasuk unik),menakjubkan membuat heboh yang melihat karena belum pernah ada, tajam atau jernih hasil fotonya," ujarnya.(BBS-GNN)
Baca Juga

Related Posts