qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Bojonegoro Persiapkan Konsep New Normal Covid-19

Bojonegoro, gerbangnusantaranews.com  Bupati Bojonegoro Anna Mu'awamah memimpin rapat koordonasi persiapan penyusuanan konsep kenormalan baru atau new normal di masa pandemi virus corona atau Covid-19 di Pendapa Malwopati Minggu (31/05/2020).

Rakor diikuti Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan, Dandim 0813 Letkol Inf Bambang Hariyanto, Kepala Kejaksaan Sutikno, Ketua DPRD Imam Sholikin, Sekretaris Daerah Nurul Azizah, jajaran Kepala organisasi perangkat daerah (OPD),

Praktisi, para Pengusaha, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ormas. Bupati Anna Muawanah menyampaikan, seminggu lalu Pemkab Bojonegoro mendapat surat dari Kementerian Dalam Negeri bahwa untuk status kejadian luar biasa (KLB) tidak perlu diperpanjang.


"Kemarin juga ada beberapa imbauan dari pemerintah pusat bahwa dalam waktu dekat ini diminta untuk menyusun konsep new normal.," kata Bupati Anna Muawanah.

Menurut Bupati, the new normal concept, karena belum pernah ada, tentunya tiap kabupaten dapat berbeda.


Kalau kabupaten kotanya kepulauan atau kelautan tentu beda dengan kabupaten atau kota yang wilayahnya daratan dan sebagainya, termasuk juga kultur yang antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Oleh karena, lanjut Bu Anna, sapaan akrab Bupati Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro mengundang tokok-tokoh dari pendidikan, keagamaan, dunia usaha, kesehatan, temasuk dari pariwisata dan juga pondok pesantren dan sebagainya, untuk memberikan masukan, menyusul rencana pemerintah pusat menerapkan tatanan hidup baru atau new normal.

"Kami ingin mendapatkan masukan yang sangat komprehensif terkait konsep new normal. Agar saat pemerintah pusat ataupun provinsi melongarkan, kita siap dan bisa segera melakukan itu. Tentunya dengan tidak menyalahi aturan protokol covid-19," kata Bupati.


Seperti diketahui New Normal secara umum adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial, dan kegiatan publik secara terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, antara lain dengan membiasakan cuci tangan dengan sabung di air mengalir, memakai masker, menjaga jarak (physical distancing), dan protokol lainya yang ditetapkan sesuai kondisi di setiap bidang atau sektor di masyarakat, sehingga aktivitas ekonomic dan sosial publik tetap dapat berjalan.

Sementara itu Rakor juga diisi dengan dialog dan tanya-jawab guna menyusun konsep new normal di Kabupaten Bojonegoro, guna menyusun konsep new normal di Wilayah Kabupaten Bojonegoro. ( dmw GNN)
Baca Juga

Related Posts