Hot News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 02 Oktober 2020

Upacara Hari Kesaktian Pancasila Digelar Virtual di Pendopo Malowopati

Bojonegoro, gerbangnusantaranews.com  

Jumat 02/10/2020 , Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) mengikuti upacara secara virtual di pendopo Malowopati Jalan Mas Tumapel No I Bojonegoro, Kamis kemarin.



Tema Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 adalah Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila.


Sejumlah pejabat hadir dan mengikuti upacara, diantaranya Bupati Bojonegoro Anna Muawannah, Sekretaris Daerah Nurul Azizah, Kapolres Bojonegoro AKBP Budi Hendrawan, Kepala Kodim 0813 Letkol Inf Bambang Hariyanto, Kepala Kejaksaaan Negeri Bojonegoro Sutikno, Ketua DPRD Bojonegoro Imam Sholikin dan jajaran pejabat pemkab.


Seluruh peserta upacara tetap menggunkan aturan protokol kesehatan covid-19 dengan memakai masker dan menjaga jarak dengan peserta upacara lainnya.


Dari siaran langsung Youtobe Sekretariat Presiden, upacara dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo. Teks Pancasila dibacakan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, teks pembukaan Undang-undang Dasar 1945 dibacakan oleh ketua DPD RI Nyalla Mattalitti dan ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani ikrar.


Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membacakan do’a.


Setiap tanggal 1 Oktober memang diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang peristiwa gerakan G 30 September atau yang lebih dikenal dengan gerakan G30S, insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. 


Adapun pahlawan yang telah gugur dan dalam insiden tersebut adalah Yakni Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan, Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo, dan Lettu Pierre Andreas Tendean.(Abq - dmw )

1 komentar:

Post Top Ad

Your Ad Spot