qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Kado Awal 2021, Jembatan Terusan Bojonegoro - Blora Akan Diresmikan 3 Januari


Bojonegoro
, gerbangnusantaranews.com Pembangunan jembatan penghubung antara Desa Luwihaji, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro dengan Desa Medalem, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora telah mencapai 100%. 


Jembatan ini siap diresmikan pada 3 Januari 2021 mendatang. Sesuai rencana jembatan akan diresmikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc dan akan dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir.Basuki Hadimuljono, M.Sc, Ph.D. 


Jembatan poros penghubung Jatim - Jateng ini memiliki panjang total 1.100 meter dengan lebar 9 meter dan menelan dana APBD antara Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Blora sebesar Rp 97,5 miliar. Nantinya, jembatan ini akan diberi nama 


"Terusan Bojonegoro-Blora" (TBB). Bupati Bojonegoro Anna Muawanah menuturkan peresmian jembatan ini bagaikan menjadi kado terindah bagi masyarakat Bojonegoro pada momen tahun baru. Pasalnya, jembatan Luwihaji-Medalem selesai dikerjakan setelah memakan waktu kurang dari 6 bulan. 


"Alhamdulillah, selama 6 bulan pembangunan akhirnya jembatan Terusan Bojonegoro-Blora bisa selesai tepat waktu di akhir tahun 2020 dan siap diresmikan. Saya harap keberadaan jembatan ini bisa menjadi kado terindah bagi masyarakat Bojonegoro," kata Bupati Anna. 


Bupati juga berharap jembatan ini bisa memudahkan akses masyarakat untuk menumbuhkan perekonomian dan menunjang sektor kesejahteraan masyarakat. Selain itu Bupati juga mengajak kepada warga untuk saling menjaga dan merawat jembatan yang baru selesai dikerjakan ini.


 "Kepada masyarakat mari sama-sama kita jaga dan kita rawat jembatan ini selain kita rasakan manfaatnya. Saya turut bersuka cita karena masyarakat tidak perlu lagi menyeberangi Bengawan Solo dengan perahu jika ingin ke Blora atau sebaliknya," tegas Bu'e, sapaan akrab Bupati Anna.


 Meski pembangunan jembatan ini melewati pasang naik dan surut Bengawan Solo, pryek ini tetap berjalan lancar dan saat ini siap digunakan oleh warga. Keberhasilan ini tampak disambut dengan antusiasme warga yang cukup tinggi saat menyaksikan uji kelayakan jembatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. ( AGS ).

Baca Juga

Berita Terkait