qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

SMP ISLAMIC QON Gresik Dalam Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila


GRESIK, GNN 

Sebagai lembaga pendidikan swasta yang berpredikat sebagai sekolah penggerak di kabupaten Gresik Ini, SMP ISLAMIC QON dibawah pimpinan Dra. Hj.Sholihah terus bergerak dalam segala bidang baik dalam peningkatan kwalitas kegiatan belajar mengajar (KBM), penataan kelembagaan serta peningkatan kapasitas dengan bersinergi dengan semua Kalangan.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMP ISLAMIC QON Dra. Hj.Sholihah kepada media GNN 5/2/2022 Ia menyampaikan beberapa kegiatan yang berlangsung selama Ini diantaranya :

- Wisuda tahfidz pada tanggal 12 Januari 2022

- Selebrasi project sekolah penggerak tanggal 21 Januari 2022

- Menerima Study visit dari Dinas Penndidikan Kabupaten Jombang pada tanggal 2 Februari 2022.

Ia juga menyampaikan bahwa masih banyak lagi kegiatan lainnya, terangnya sembari menjelaskan tentang kegiatan Selebrasi yang merupakan rangkaian akhir dari project penguatan profil pelajar Pancasila pada program sekolah penggerak, sebab 20-30 % kurikulum sekolah penggerak berbasis project.

Terkait hal tersebut (Projekt selebrasi) SMP ISLAMIC QON dalam kewirausahaan memilih karya membatik, lebih lanjut Ia menerangkan bahwa membatik itu memiliki empat tahapan yakni :

- Pertama pengenalan (Definisi, tujuan dan manfaat membatik)

- Tahap Kedua adalah kontekstual dimana akan diajarkan bagaimana wawancara dengan narasumber, sejarah membatik itu bagaimana, dan bahan dan alat yang dibutuhkan apa saja.

- Baru tahap ke tiga adalah tahap Aksi dimana anak anak sudah memulai untuk kegiatan membatik.

- Dan keempat adalah tahap refleksi dimana anak anak bisa memamerkan dan mempresentasikan hasil karyanya, menentukan harga pasarnya kayak apa.


Hj. Sholihah juga memberi penegasan terpenting dari kegiatan selebrasi (projekt) bukan hanya pada hasil karyanya tapi pada prosesnya, dmana dalam proses projek ini penanaman  karakter profil pelajar Pancasila Bisa mengimplementasikan 6 elemen Yang ada, namun dalam sekebrasi membatik ini mencakup 5 elemen yakni :

1. Beriman dan bertakwa kepada Alloh dan  berakhlak mulia (Terbentuknya anak atau manusia yang pandai bersyukur)

2. Kebinekaan Global, sehingga anak anak  mengenal budaya dan menghargainya, dengan tetap menjunjung tinggi kearifan lokal.

3. Penanaman Gotong royong (anak mampu berkolaborasi dengan lainya atau kelompok kerjanya) sehingga kedepan siap dalam hidup bermasyarakat.

4. Mandiri (Tanggung jawab atas proses dan hasil karyanya)

5. Kreatif (Terbentuknya pribadi yang Kreatifitas dan mampu mengexplor potensi diri dan lingkungannya)

Untuk keterangan lain bisa diikuti pada pembahasan topik topik mendatang pungkasnya.(WLO)

Baca Juga

Related Posts