qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Koramil 0815/15 Jatirejo - PKM Gelar Layanan Vaksinasi Booster

Mojokerto, GNN

Koramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815/Mojokerto bekerjasama dengan UPT Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) setempat menggelar layanan vaksinasi booster bagi masyarakat umum di wilayah Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (05/03/2022).

Layanan kesehatan bertema ”Gebyar Vaksinasi Covid-19 Booster Dosis-3 Koramil 0815/15 Jatirejo–UPT Puskesmas Jatirejo, berlangsung di Makoramil 0815/15, Jalan Raya Desa Sumengko, Jatirejo, dengan mengerahkan Tim Nakes Makodim 0815/Mojokerto dan PKM Jatirejo. 

Kegiatan vaksinasi booster ini dipantau langsung Pgs. Danramil 0815/15 Jatirejo Lettu Cba Kurniawan Junaedi,  Camat Jatirejo Harfendy Setiyapraja, S. STP., M. Si., Kapolsek Jatirejo diwakili Kanit Sabhara Iptu Teguh Santoso, dan Kepala UPT Puskesmas Jatirejo dr. Irsyad Herminofa. 

Pgs. Danramil 0815/15 Jatirejo Lettu Cba Kurniawan Junaedi, saat dilokasi mengatakan, layanan vaksinasi dosis 3  (booster) ini terselenggara atas kerja sama Koramil, Forpimka dan UPT Puskesmas Jatirejo. "Kami bersama Forpimka dan Kepala UPT Puskesmas sudah koordinasi beberapa hari sebelumnya terkait rencana kegiatan gebyar vaksin booster ini", katanya. 

Pria kelahiran Lamongan ini melanjutkan, tujuan dari kegiatan gebyar vaksin ini untuk mempercepat cakupan vaksinasi booster diwilayah Kecamatan Jatirejo sehingga kekebalan komunal (herd immunity) segera terbentuk. "Vaksinasi ini juga sebagai upaya Koramil dan Forpimka dalam mendukung dan mensukseskan percepatan program vaksinasi nasional. 

Lebih jauh dikatakannya, sasaran dalam vaksinasi booster ini masyarakat umum dengan beragam profesi dan ada sebagian kecil KBT.  "Semua masyarakat bisa mendapatkan layanan vaksinasi dosis tiga dengan catatan memenuhi syarat kesehatan dan sudah menerima vaksin dosis dua, paling tidak sudah tiga bulan", jelasnya. 

Dari pantauan kami, masih lanjutnya, tadi ada sekitar 260 warga masyarakat yang mendaftar namun tidak semuanya bisa divaksin karena beberapa alasan diantaranya terkendala syarat kesehatan seperti tensi tinggi dan kondisi badan kurang fit. "Dari 260 orang ini yang lolos screening dan bisa divaksin sejumlah 245 orang", jelasnya.

"Namun tidak perlu khawatir, bagi masyarakat yang saat ini terkendala atau berhalangan, masih bisa melaksanakan vaksin dosis tiga di Puskesmas,  Posyankes terdekat atau datang langsung ke Rumkitban DKT Mojokerto", pungkas Pama yang sehari-hari menjabat Pasi Intel Kodim 0815/Mojokerto.

Pantauan dilapangan, tampak Bati Tuud Koramil 0815/15 Jatirejo Peltu Khudori Ardi bersama Kasi Trantib Kecamatan Jatirejo, Subiyanto melakukan pengawasan secara ketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) selama berlangsungnya kegiatan. Pun demikian dengan para Babinsa yang turut mengatur jalannya layanan vaksinasi mulai tahap registrasi, screening hingga observasi, bahkan ada beberapa Babinsa yang bertugas input data ke Primary-Care PKM Jatirejo.(k-if)

Baca Juga

Related Posts