qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Festival Ekonomi Kreatif Gresik : Wagub Emil Optimis Ekotif Terus Bertumbuh, Gus Yani Komitmen Dorong UMKM Bangkit

Gresik, GNN 

saat menghadiri Festival Ekonomi Kreatif Gresik 2022 dalam Rangka Memperingati HUT Pemkab Gresik ke 48 di Gresmall Gresik pada hari Sabtu (5/3/2022), Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengaku optimis bahwa ekonomi dan industri kreatif (ekotif) di Kab. Gresik bisa terus tumbuh saat masa Pandemi Covid-19. terlebih banyak potensi bisa dikembangkan, sehingga mampu menembus pasar internasional. 

Ia juga mengatakan, ekonomi dan industri kreatif di Jawa Timur separuhnya adalah sumbangsih tiga wilayah diantaranya Kabupaten Gresik, Sidoarjo dan Kota Surabaya. Oleh karenanya, seluruh potensi UMKM di Gresik harus bisa terus dikembangkan dan didorong dengan berbagai energi yang ada.

Emil menyebut, ekonomi kreatif jika dikemas dengan tepat bisa menghasilkan sebuah karya yang bernilai tambah yang signifikan. Sama halnya seperti warisan tenun Gresik yang ada di Wedani sangat banyak diminati dan mulai menembus pasar Internasional.

Selain itu Emil juga mengingatkan selain kegiatan seperti saat ini, tak kalah pentingnya adalah warga Gresik harus membiasakan diri  berbelanja kebutuhannya di Gresik sendiri,  sebab hal Ini bisa menjadi siklus perputaran keuangan yang mampu menggeliatkan ekonomi masyarakat yang akan terus bertumbuh terutama pada sektor umkm dan produk (potensi) lainnya.

Emil juga menyampaikan bahwa "Pameran semacam ini merupakan bentuk sinergi yang baik yang harus di apresiasi, kita semua berharap semoga ekonomi kreatif bisa tumbuh menjadi tulang punggung ekonomi kita," tegasnya. 

Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani menyatakan, bahwa Pemkab Gresik memiliki komitmen tinggi dalam mendorong UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang. Penyiapan pendampingan dan pelatihan juga terus di optimalkan agar para UMKM bisa terus mengembangkan produk produknya. 

Diakuinya, pandemi Covid-19 selama hampir 3 tahun ini, telah memberi dampak pada menurunya daya beli masyarakat. Bahkan, hampir seluruh sektor terdampak mulai dari sekolah hingga ekonomi menurun.

Untuk itu, Bupati meminta masyarakat untuk terus patuh terhadap protkes dan segera melakukan vaksinasi. Karenanya, program vaksinasi merupakan sebuah ikhtiar yang harus di dukung. 

Gus Yani berharap "Mudah mudahan sektor UMKM ini bisa bangkit kembali. Kita juga terus fokus meningkatkan inovasi dengan mendorong UMKM sampai Go Internasional. Mudah mudahan kita bersama Pemprov Jatim bisa terus bersinergi memajukan UMKM di Jatim," tegasnya. 



Begitu juga disampaikan Ketua DPP ASMIPA Umi Kulsum (Bunda Shofi) yang hadir dan memberi suport dalam acara tersebut, Ia mengatakan bahwa Asmipa selain sektor Pariwisata juga melakukan pendampingan pada sektor umkm dengan cara terus membantu mempromosikan sekaligus menarik wisatawan untuk masuk Gresik agar bisa mengenal Gresik lebih dalam dengan berbagai produk umkm yang beraneka ragam ini.

Selain itu wanita yang akrab dipanggil Bunda Shofi ini, didepan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak Dan Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani menjelaskan bahwa paket yang dibagikan ini sebagai bentuk kepedulian dan dukungan pada pelaku umkm Gresik yang berinovasi dengan menyelenggarakan kegiatan festival ini.

Lebih lanjut Ia sampaikan ini juga sekaligus ungkapan syukur bahwa di hari jadi Kota Gresik dan HUT Pemkab Gresik Ini, masyarakat bisa ikut serta merasakan kebahagiaan dalam merayakannya.(WLO)





Baca Juga

Related Posts