qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Pemuda Kreatif Dan Ulet Asal Panceng Kembangkan Talas Pratama di Gresik Utara

GRESIK, GNN  

Indonesia yang subur dan banyaknya jenis talas yang tumbuh di Indonesia, ada talas unggulan yang dikembangkan secara mandiri oleh warga Desa Wotan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Tumbuhan Talas ini dikenal dengan sebutan talas Pratama yang terkenal mempunyai ukuran yang besar, dan rasanya enak juga empuk.

Didik Sihabul Milea salah seorang pemuda asal Kabupaten Gresik ini mencoba menanam tananam tersebut di desa Wotan Panceng.

Banyaknya permintaan pasar lokal ataupun luar negeri membuat dia tertarik untuk mengembangkan talas pratama di wilayah Gresik.

Bersama dengan para pemuda Desa Wotan, Didik membudidayakan tanaman talas yang sedang dilakukan dilahan seluas tiga hektar.

"Tanaman talas pratama memiliki bentuk seperti talas Bogor, tetapi ukurannya bisa lebih besar. Umbi talas ini bisa dijadikan olahan dengan dibuat tepung untuk kue dan bisa langsung dikonsumsi seperti talas rebus dan keripik talas," ujar Didik.

Didik mengatakan bahwa ini tentunya tantangan tersendiri bagi saya untuk menanam talas pratama di wilayah Gresik yang dimana kita ketahui cuaca di desa saya berbeda dengan daerah Bogor dan Subang.

Pertumbuhan akan sangat bagus karna memang saya tanam di kawasan yang sumber airnya mencukupi, sebanyak 20.000 bibit sudah ditebar. Dan dengan menggunakan pupuk organik dari pengolahan kita sendiri tentunya.

Harapan saya besar untuk ke depan adalah membuat komoditas yang nantinya bisa membantu para petani di sekitar desa ini.

"Nanti setelah berhasil panen maka selanjutnya akan saya kembangkan ke lahan yang lebih luas, sudah disiapkan lahan seluas 20 hektar siap tanam. Dan dapat memenuhi permintaan pasar dari luar negeri khususnya pasar Singapura" pungkasnya.(Didik Telisik Hati)

Baca Juga

Related Posts