qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Sako Pramuka Maarif NU Gresik Gelar Kursus Mahir Dasar (KMD)

GRESIK, GNN 

Bertempat di SMK Alhadi Desa Imaan Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Gelaran Kursus mahir dasar (KMD) pramuka dilaksanakan dengan penuh semangat inspiratif dan edukatif kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 25- 30 maret 2022 baik secara daring maupun luring.(30/03/2022)

Kegiatan ini juga kerjasama dengan pusat pelatihan kwartir pramuka cabang Gresik dan merupakan bentuk edukasi bagi kader sako Maarif Pramuka NU dengan tujuan menanamkan kedisiplinan, kecakapan, kemahiran, loyalitas dan doktrin ke Aswajaan. Giat tersebut diikuti oleh 31 peserta kader sako pramuka yang berasal dari Kabupaten Gresik dan Lamongan mulai dari usia muda sampai umur 40 tahun.

Mabrur Ajmain sekretaris LP Maarif Cabang Gresik mengatakan, dalam sambutanya bahwa,

Tujuan dari KMD itu sendiri

adalah untuk memberi bekal pengetahuan dan pengalaman praktis membina Pramuka. KMD, adalah untuk memberi bekal pengetahuan dan pengalaman praktis membina Pramuka."

Adapun sasaran dari KMD adalah 

1. Menjelaskan tentang Kepramukaan serta perkembangannya. 

2. Menerapkan kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya. 

3. Membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga dia mampu berperan positif dalam masyarakat lingkungannya. 

4. Menerapkan kepemimpinan yang dijiwai dan bersumber pada Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka." Jelasnya.

Harapanya “Ke depann Pramuka di Satuan Komunitas Ma’arif NU Gresik,  harus menjadi barometer bagi Pramuka di Kwarcab Gresik, Jadilah Pramuka yang bermanfaat, tentunya hal itu harus dibarengi dengan perilaku akhlak dan prestasi  yang baik terutama akhlaq Ahlussunnah Waljama’ah,  jadi secara keseluruhan Pramuka itu adalah orang-orang yang bergembira dan fokus pada tujuannya,” pungkasnya

Salah satu pelatih sako pramuka Maarif NU Gresik kak Rudi  menjelaskan, training fokus KMD adalah materi dasar kepramukaan yakni praktek membina, upacara dan jelajah alam. " materi inilah yang menjadi fokus kegiatan KMD." Ungkapnya

Ia menambahkan, KMD ini bisa dijadikan awal pelatihan yang bermanfaat membentuk kader pramuka profesional dan bisa melatih pramuka di lembaga masing masing." Tandas Rudi (Hoo)

Baca Juga

Related Posts