qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Kampung Balokan Bedanten Meriakan HUT RI ke-77 Se Bulan Penuh

GRESIK, GNN 

Di Kampung Balokan, Desa Bedanten, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Semarak HUT Kemerdekaan RI ke-77 benar-benar membahana Betapa tidak, dengan suasana guyub rukun, warga kampung kompak menggelar berbagai lomba agustusan full satu bulan penuh. 

Ketua RT 01 Kampung Balokan Bedanten  Muhammad Wahyudin Kamal mengatakan, Alhamdulillah, setelah sempat sepi kegiatan agustusan akibat pandemi, kini warga Kampung Balokan kompak meramaikan momen HUT RI ke-77 dengan menggelar berbagai lomba full satu bulan penuh. 

"Alhamdulillah, dengan penuh semangat 45, seluruh warga kampung Balokan, mulai generasi tua hingga kaum muda kompak guyub rukun menyemarakkan HUT RI ke-77. Baik pada saat kerja bakti membersihkan dan mempercantik lingkungan Kampung, juga pada saat menggelar berbagai lomba agustusan," ujar Pak RT Milenial yang akrab disapa Cak Kamal, Selasa (9/8/2022). 

Adapun beragam lomba Agustusan yang digelar Kampung Balokan Bedanten, yakni:

Jadwal Lomba Umum

Lomba Adzan Hari Kamis tanggal 11 Agustus 2022, Pukul 19.00 WIB - selesai, Lokasi : Kampung Balo'an

Lomba Mewarnai Hari Jumat tanggal 12 Agustus 2022, Pukul 08.00 WIB - selesai, Lokasi : Kampung Balo'an

Lomba Badminton Hari Sabtu tanggal 13 Agustus 2022, Pukul 18.30 WIB - selesai, Lokasi : Sport Center 3 Putra Bungah

Lomba Catur Hari minggu tanggal 14 Agustus 2022 Pukul 19.00 WIB - selesai Lokasi : Kampung Balo'an

"Selain itu, kami juga menggelar lomba lokal selama bulan Agustus, yakni lomba memasukkan paku dalam botol, lari kelereng, sungun tempeh, makan krupuk, estafet karet, kepruk balon, joget balon dan lomba menarik lainnya. Pesertanya tidak hanya anak-anak, namun juga diikuti oleh bapak-bapak, ibu-ibu, dan remaja putra maupun putri. Pokoknya full hiburan, meski sederhana yang penting semuanya bahagia," terang Cak Kamal dengan nada riang gembira. 

Untuk diketahui, Kampung Balokan Bedanten ini memiliki riwayat sejarah tersendiri yang patut menjadi kebanggaan generasi penerusnya. Betapa tidak, Kampung Balokan itu merupakan 'Kepala-nya" Desa Bedanten. "Karena Kampung Balokan ini Kepala-nya Desa Bedanten, hampir rata-rata yang menjadi Kepala Desa Bedanten berasal dari Kampung Balokan," ungkap Mbah Mulikin, sesepuh Kampung sembari menyebut dulu banyak orang dongdeng (sakti, Red) tinggal di Kampung Balokan. 

Tak cukup sampai di situ, Kiai Lukman, tokoh masyarakat setempat menambahkan, dengan riwayat sejarah Kampung Balokan sebagai Kepala-nya Desa Bedanten, menjadikan warga kampung hidup penuh guyub rukun, cerdas, kreatif dan kaya inovasi.

"Salah satunya, bisa menyulap limbah sampah menjadi rupiah. Sebab, sampah plastik dijadikan warga sebagai pot bunga dan aneka kerajinan lainnya. Alhamdulillah, hasil kreativitas warga ini, selain untuk mempercantik kampung sendiri, juga sudah banyak dibeli masyarakat umum maupun lembaga sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Bungah. Monggo, yang mau pesan, kami siap melayani," kata Kiai Lukman setengah promosi.

Terpisah Kepala Desa Bedanten Bungah  Abdul Majid mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih atas kekompakan dan guyub rukun menyemarakkan HUT RI ke-77 yang digelar warga RT 01 Kampung Balokan. "Semoga menjadi teladan dan inspirasi Kampung lainnya yang ada di Desa Bedanten," tegasnya. (Didik Hendri Telisik Hati) 

Baca Juga

Related Posts