qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Pesan Anggota Komisi B DPRD Jatim Daniel Rohi, Saat Buka Harlah Ke 3 Asmipa

Malang, GNN gerbangnusantaranews.com

Sebelum membuka acara harlah ke 3 Astana Mitra Pariwisata (ASMIPA) di Waduk Exotic Selorejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang (13/9), Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur Dr. Ir. Daniel Rohi, M. Eng. Sc.,IPM., menyampaikan beberapa hal yang harus dipegang teguh sebagai prinsip bagi pelaku pariwisata, dan ini menjadi pilar penting  yang harus terpenuhi yakni :

Pertama Pariwisata harus mampu memberi manfaat ekonomi bagi yang terlibat didalamnya baik pelaku maupun suporter wisata.

Kedua pariwisata harus memenuhi aspek sosial, artinya perkembangan pariwisata dengan rentan terjadinya perubahan sosial di masyarakat (lingkungan wisata), namun perubahan dan perkembangan ini jangan sampai melunturkan sosial budaya yang ada di masyarakat, untuk tidak merusak tatanan sosial yang ada.

Dan Ketiga Pariwisata harus memperhatikan faktor lingkungan hidup, artinya kelestarian lingkungan harus tetap terjaga, meskipun kita mengembangkan potensi alam tapi jangan sampai merusak lingkungan atau keindahan alam yang ada.  

Selain itu Daniel Rohi, juga berharap para pelaku wisata harus menunjukan kemampuan berkolaburasi artinya membangun pariwisata, membangun ekonomi Ini, kita tidak bisa sendiri sendiri, jadi harus dilakukan secara bersama sama bahkan gotong royong sehingga hasilnya pun juga bisa dinikmati secara bersama sama dan ini harus dijadikan prinsip yang harus dipegang teguh oleh para pelaku wisata.


Ia juga akan selalu suport melalui penyiapan akses dan regulasi kebijakan, terangnya sembari mengabarkan bahwa saat ini DPRD Provinsi Jawa Timur telah merampungkan Peraturan Daerah (Perda) tentang desa wisata sebagai payung hukum dalam pelaksanaan wisata desa 


Tak lupa Ia juga mengapresiasi ASMIPA yang secara usia masih terbilang sangat muda, tapi mampu menunjukan existensinya dalam memicu geliatnya dunia pariwisata, untuk itu saya ucapkan selamat dan sukses atas harlah ke 3 Asmipa, pungkasnya sembari mengapresiasi Kabupaten dan Kota Malang yang lengkap destinasi wisatanya, mulai Gunung, Laut, Pantai, Sungai, Potensi Desa, serta kekayaan alam yang berupa situs budaya dan lain sebagainya, pungkas Daniel Rohi.

Acara ini dihadiri oleh langsung oleh Ketua umum DPP Asmipa Umi Kulsum (Bunda Shofi), juga dihadiri oleh Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Purwoto, S.Sos, M.Si., Kepala Dinkop umkm Kabupaten Malang Pantjaningsih Sri Redjeki, 3 Muspika (Ngantang, Kasembon dan Pujon), Owner Royal Group Erwin, Manajer Utama Bisnis Strategis (MUBS) Perum Jasa Tirta I,M, Taufiruqurrachman serta seluruh jajaran pengurus Asmipa dan vendor.

Usai membuka acara Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur Dr. Ir. Daniel Rohi, M. Eng. Sc.,IPM., di dampingi Ketua Umum DPP ASMIPA Umi Kulsum (Bunda Shofi), dan diikuti oleh Undangan Lainnya meninjau bazar umkm dari berbagai wilayah di stand bazar yang sudah disediakan panitia.(mhr)


Baca Juga

Related Posts