MWC LP Maarif Dukun Gelar Festival Santri ke VII Tahun 2022 - Gerbang Nusantara News

16 Oktober 2022

MWC LP Maarif Dukun Gelar Festival Santri ke VII Tahun 2022

Gresik, GNN 

Sambut Hari santri Nasional (HSN) tahun 2022 Majelis wakil cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU Dukun) LP Maarif hari ini resmi digelar. Festival Santri ke 7 dengan mengusung tema " Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan."

Giat Festival Santri LP Maarif Dukun dipusatkan di lembaga MI Babakbawo Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Dengan melibatkan peserta dari lembaga MI, TPQ dan Madin dibawah naungan LP Maarif NU kecamatan Dukun. (16/10/2022)

Kegiatan ini menginisiasi dan membersamai menyongsong puncak hari santri nasional yang jatuh pada tanggal 22 oktober 2022 di Yayasan Mathlabul Huda desa Babakbawo kecamatan Dukun. Adapun festival santri ke 7 ini dengan berbagai kegiatan lomba diantaranya Pildacil, qiroah dan kaligrafi untuk tingkat MI untuk tingkat TPQ yang dilombakan adalah tartil Alquran dan Tahfidz dan Adlan sedangkan untuk Madin awaliyah (MI) dan wustho (MTs) yang dilombakan pengetahuan agama, yang bersumber di beberapa kitab aqidah dan fiqih madin dengan ujian tes tulis.

Ikhwan Haji ketua LP Maarif Dukun mengatakan, semarak festival santri ke 7 memberikan edukasi dan membangun peningkatan akan kualitas siswa atau santri baik dalam proses pengetahuan dan kedisiplinanya." Ini perlu di wujudkan untuk karakter santri atau siswa." Ucapnya

Ia juga berharap dengan giat semarak festival santri ini bisa memberikan bentuk loyalitas kepada lembaga dalam rangka fastabiqul khairat berlomba lomba dalam kebaikan disamping penguatan kelembagaan dan silaturrahim antar lembaga." Semoga bisa memberikan inspirasi dalam memajukan lembaga Maarif NU." Dan bagi pemenang lomba ini festival santri ke 7 untuk juara 1 dan 2 berhak mewakili dari kecamatan untuk dilombakan ke tingkat cabang gresik yang akan ditempatkan di Lembaga kanjeng sepuh Sidayu." Tegas Ikhwan

Sementara Rais Syuriah MWC NU Dukun Dr KH Ahmad Thoyyib Masudi dalam kata sambutanya mengatakan, kegiatan Festival santri kali ini dengan tujuan mencetak generasi santri yang handal dengan semangat sungguh sungguh untuk meningkatkan kualitas santri melalui lomba lomba." Alhamdulillah semoga Maarif NU Dukun untuk tahap berikutnya bisa menjadi juara umum tingkat kabupaten." Jelas Yai Thoyyib 

Bahkan Yai Thoyyib menantang kepada ketua Maarif NU Dukun."Jika nanti Utusan dari kecamatan Dukun bisa menjadi juara umum tingkat kabupaten ia akan mengumrohkan ketua LP Maarif Dukun. Sontak hadirin memberikan tepuk tangan dan apresiasi yang meriah. Diakhir penghujung acara pembukaan Festival santri Yai Thoyyib mengajak kepada hadirin untuk kirim surah Alfatihah doa khusus kepada Almarhum Almahgfurlah Romo KH Mahfud Ma'shum Rais Syuriah PCNU Gresik dan pemangku ponpes Ihyaul Ulum Dukun.

Untuk diketahui acara ini dihadiri oleh Ketua MWC NU Dukun KH Moh Sholeh, ketua Yayasan dan pengurus Mathlabul Huda babakbawo H Jauhari, Kades Babakbawo Hamim, Kepala madrasah se LP Maarif MWC NU Dukun, Banom lembaga NU, tokoh masyarakat setempat. (Syafik Hoo)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda