qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Satu Terobosan Edukasi Dari Masjid Nurul Huda Desa Lowayu Kecamatan Dukun

Gresik, GNN 

Belajar yang merupakan kebutuhan setiap manusia untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat dan menjadi bekal dalam meraih kebahagiaan baik di dunia maupun diakhirat kelak.

Hal ini menjadi perhatian dari berbagai pihak, salahsatunya yang dilakukan oleh itu jajaran pengurus Ta'mir Masjid Nurul Huda Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik melalui BKMM Ranting, dengan terobosan jenius yakni  membentuk Majelis Taklim MADRASAHTUL MAR'AH" yang pada malam hari ini (19/10/2022) resmi dibuka diawali dengan Tasyakuran di Lantai 3 Masjid Nurul Huda Desa Lowayu 

Adapun tujuan didirikan lembaga atau Majlis tersebut bertujuan mengajak para perempuan lansia untuk tetap belajar ilmu agama meskipun usia sudah tua.

Pada kesempatan tersebut Ketua Takmir Masjid Nurul Huda Ustadz Muslihan, M.Pd.I., menyampaikan bahwa belajar tidak mengenal usia kapanpun dan dimanapun, sejak kita dilahirkan sampai usia kita berakhir terus belajar sebagai ladang amal menuju akhirat kelak.

Ia juga memberikan alasan kenapa sasaran kegiatan ini diperuntukan pada Ibu ibu, sebab Ibu ibu  merupakan tempat yang utama dan terutama sebagai madrasah terhadap anak anaknya, yang bisa menjadi bekal hidup didunia menuju kehidupan yang kekal selamanya.

Senada juga disampaikan Pengasuh Majlis Ta'lim Al Usrah Ustadz Ahmad Misbahul Abidin, M.Pd.I., yang juga sebagai tokoh masyarakat Ini, Ia menyampaikan bahwa Madrasatul Mar'ah adalah bagian dari mempersiapkan diri, dengan harapan agar saat ajal menjemput (meninggal) Dalam kondisi Husnul khotimah.

Dan Madrasah Mar'ah Ini bagian dari tugas utama generasi muda dalam  menyiapkan generasi tua bahagia kelak diakhirat.

Ia juga berpesan selama bisa melakukan yang terbaik maka lakukanlah jangan nunggu besok atau lusa dan akhirnya orang lain yang melakukannya Sementara kita jadi penonton.

Sementara Ketua BKMM Kecamatan Dukun Mahsunah, S.Pd., menyampaikan apresiasi kepada BKMM Ranting Lowayu sebab ini satu satunya BKMM ditingkat Ranting yang programnya sudah berjalan secara maksimal dan progresnya sangat cepat.

Nama Madrasatul mar'ah BKMM ranting Lowayu ada kesamaan dengan sekolah wanita yang didirikan oleh RA Kartini, dimana Madrasatul Mar'ah mempunyai arti sekolah perempuan.

Begitu juga Ketua BKMM Ranting Lowayu Hj. Nazilah, S.Pd.I, menjelaskan bahwa Madrasatul Mar'ah adalah merupakan wujud mengamalkan sabda Baginda Nabi bahwa menuntut ilmu itu tidak ada batas usia, minal mahdi Ilal lahdi.

Metode pembelajaran di Madrasatul Mar'ah menggunakan metode buku BISA kepanjangan dari Belajar Itu Sampai Akhir hayat dan menggunakan buku pedoman mengajar yang di susun oleh BKMM Ranting Lowayu sendiri.

Dikarenakan jumlah ibu ibu yang ingin belajar kuotanya semakin banyak maka pengurus BKMM membentuk Tim pengajar agar pembelajaran bisa berjalan dengan maksimal.(k-mbs)


Baca Juga

Related Posts