qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

KKMI KKG Dukun Gelar PKB, Sambut IKM Tahun 2023-2024

Gresik, GNN 

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) menjadi kebijakan kementrian pendidikan yang harus diimplementasikan kepada seluruh lembaga pendidikan.Tentu ini menjadi kewajiban bagi kepala madrasah atau sekolah dan guru serta stekholder dalam menjalankan Kurikulum Merdeka.

Hal ini menjadi respon bagi Kelompok kepala Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Dukun bekerjasama dengan Bank Dunia (The World Bank) dalam kegiatan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Acara ini dipusatkan di lembaga pendidikan MI Muhammadiyah Mojopetung Dukun Gresik (12/11/2022)

Pelatihan PKB ini adalah kegiatan untuk membangun kebersamaan dalam mengimplementasikan teori (IN) dan praktek (ON) materi kurikulum merdeka yang sudah disampaikan oleh narasumber baik dari kemenag Gresik maupun Fasda Propinsi dengan melibatkan kepala madrasah dan 2 utusan guru dari lembaga madrasah sekecamatan Dukun.

Dimulai dengan pembukaan dan dilanjut dengan materi pertama dari Ka. Kakemenag Gresik Drs. Moh Syahid dengan materi moderasi beragama untuk disosialisasikan kepada lembaga pendidikan dengan penguatan ini ia berharap praktek moderasi beragama haruslah di kenalkan sejak dini karena NKRI adalah negara majemuk dengan keanekaragaman budaya, ras, suku, bahasa dan adat istiadat." jelas Moh Syahid yang sekarang menjadi Ka. Kemenag kabupaten Malang.

Kemudian dilanjutkan dengan materi IKM oleh Fasda dengan beberapa kebijakan yang harus diimplementasikan kepada lembaga dan guru pendidik dengan tahapan tertentu sesuai kearifan lokal dengan karakter lembaga masing masing. Kegiatan ini juga berkelanjutan di On 2 yakni tanggal 15 November 2022 dilembaga MI Ihyaul Islam Desa Imaan Dukun Gresik. Disamping materi terkait kebijakan Kemenag Gresik yang disampaikan kasubag Kemenag Gresik Moh Qoyyim S.fil yang sekarang menjabat Ka.Kemenag kabupaten kota Kediri. Turut hadir pada acara ini pengawas madrasah kecamatan Dukun Ahmad Fauzan Spd, Siti Zur'ah Mpd, Ketua KKMI Dukun Nurus Shobah, Ketua KKG Dukun Moh Imron Sadewo dan Mimin maula bagian simpatika kemenag Gresik (Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts