qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Kontingen Gresik, Cabor Gulat Sumbang 2 Emas di Ajang POPDA XIII 2022

Gresik, GNN

Luar biasa dan bisa dibanggakan Cabang olahraga (Cabor) Gulat yang tidak diperhitungkan, bahkan diragukan ternyata justru bisa menjadi penutup perolehan Medali Emas bagi Kontingen Gresik. Tak tanggung-tanggung, Cabor Gulat ini berhasil menyumbangkan 2 Medali Emas. 

Drs. H. Akhmad Khusairi, MM., selaku Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga (Kabid Pora) Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Kabupaten Gresik, mengatakan, siswa-siswi Gresik sudah biasa menciptakan prestasi akademik, namun kali ini di ajang POPDA XIII 2022 Lebih bisa membuktikan prestasinya di bidang nonakademik. 

Lebih lanjut Erik sapaan akrabnya menjelaskan, kali ini POPDA XIII 2022 Disparekrafbudpora selaku dinas yang membidangi kegiatan olahraga pemasalan dan pembibitan atlit telah merangkul dan bersinergi dengan beberapa pihak, yakni: Dispendik, Kemenag, Cabang Dinas, Pelatih cabang olahraga dan Guru olahraga yang tergabung di IGORNAS ( Ikatan Guru Olahraga Nasional Gresik ) untuk menyiapkan dan mengikuti kegiatan POPDA XIII dalam kurun waktu yang cukup untuk persiapan, seleksi dan pembinaan, sehingga Gresik bisa meraih prestasi terbaiknya di peringkat 5 dengan jumlah perolehan medali sbb:

No. Cab  em - pr - pru

1. S. Rod  1  -  0  -  2

2. Wush    1  -  1  -  0

3. Karate  0  -  1  -  0

4. Gulat    2  -  0  -  0

5. Taekw   1  -  0  -  2

6. Rnang   6  -  5  -  7

7. Bridge   0  -  0  -  0

8. Catur     0  -  0  -  2

9. Ptanqu  0  -  1  -  0

10. P. Teb  1  -  2  -  2

11. Slam   0  -  0  -  0

12. Tenis   1  -  0  -  0

13. Atlet    4  -  0  -  1

14. B.Spd  0  -  0  -  0

Total        17 -10 - 16

"Menduduki peringkat 5 terbaik kab/kota pada penyelenggaraan POPDA 2022. Yang paling mengejutkan, dari cabang Gulat target eksibisi asal ikut karena baru membentuk janin, lahir prematur karena belum ada kepengurusan sudah bisa meraih medali emas atas nama Huda, siswa SMK PGRI 1 Gresik kelas X berkat besutan seorang yang sangat berdedikasi, yaitu pelatih sekaligus mantan atlit  PON Jatim Toha Riyanto dan seorang guru olahraga dari  SMPN 4 Gresik yang berperawakan gempal Drs. H. Budi Prasetyo M.Pd.," ungkapnya, Sabtu (12/11/2022). 

Beliau berdua diberikan kepercayaan oleh Erik selaku Kabid Pora untuk menjawab pertanyaan keraguan yang sekarang ini kurang meyakini. Alhamdulillah sore tadi POPDA ditutup secara simbolis dengan diberikannya penghargaan peringkat 1- 6 oleh Panitia penyelenggara di kolam renang Delta Sidoarjo. 

"Gresik diwakili oleh Ketua Kontingennya Bapak Sutaji Rudi, SH. MH saat menerima penghargaan dari Panitia," pungkas Erik yang dikenal sebagai pejuang olahraga semenjak mengajar sebagai guru olahraga di UPT SMPN 3 Gresik. (Didik Hendri Telisik Hati)

Baca Juga

Related Posts