qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

SMP YPI Darussalam 1 Cerme Selenggarakan LDKS OSIS & MAKESTA IPNU - IPPNU TAPEL 2022-2023

Gresik, GNN 

Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin. Seluruh pengurus OSIS yang baru harus mengikuti LDKS karena memiliki tujuan untuk membangun karakter pribadi supaya kuat.

Jumat hingga sabtu, 28-29 oktober 2022 SMP YPI Darussalam 1 Cerme melaksanakan LDKS OSIS serta MAKESTA (Masa Kesetiaan Anggota) IPNU-IPPNU. Kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dengan memberikan materi-materi dasar kepemimpinan. Bukan hanya itu saja, terdapat kegiatan adu bakat, kegiatan ekplorasi atau penjelajahan hingga outbound.

LDKS serta Makesta ini adalah sebuah pelatihan dasar yang menjadi salah satu program kerja Kesiswaan. Yang mana ungkap Kesiswaan, Ahmad Khusaini, S.Pd selaku pembina OSIS & IPNU-IPPNU mengatakan "Acara yang dikemas secara sederhana di sekolah sendiri ini, merupakan kegiatan puncak dari tahapan seleksi, pemilu ketua dan wakil ketua hingga tahapan pelantikan pada senin kemarin (24 oktober 2022). Walaupun dikemas secara sederhana, kegiatan ini sudah memcangkup semua pelatihan yang meningkatkan kepribadian dasar para anggota. Harapannya ya para peserta LDKS ini mendapatkan pembelajaran yang luar biasa, sehingga mereka bisa menjadi calon-calon pemimpin yang bertanggung jawab, berbudi pekerti luhur serta bijaksana" Terang Ahmad Khusaini, yang di sapa Pak Husein ini. 

Perwakilan dari PAC IPNU Kec.Cerme juga memberikan materi tentang keorganisasian dan pengkaderisasian tentang IPNU-IPPNU. Mereka menyambut antusias kegiatan ini. "Saya selaku alumni SMP YPI Darussalam 1 Cerme dan menjadi pemateri tentang keorganisasian IPNU-IPPNU untuk adek-adek, membuat saya semakin bangga dengan sekolah ini. Saya harap adek-adek bisa mengikuti kegiatan hingga akhir dengan penuh antusias dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari kegiatan ini" ujar Zidan (01/11/2022)

Saat adu bakat pun, para peserta LDKS ini sangat antusias menunjukkan bakat-bakat yang mereka miliki. Mulai dari dance grup, menyanyi solo hingga grup dan stand up comedy. Bukan hanya itu saja, kegiatan penguatan keagamaan seperti sholat tahajud pun ada dalam agenda kegiatan ini. Setelah itu dilanjutkan penjelajahan malam yang bertujun untuk membina kesehatan dan kebugaran fisik, mental dan emosional. 

Dan kegiatan yang berakhir di hari sabtu ini membuat para peserta LDKS begitu antusias walaupun kegiatannya begitu padat. Mereka mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. "Saya senang akhirnya menjadi salah anggota OSIS & IPPNU yang terpilih. Dengan begitu, saya bisa mengikuti kegiatan ini. Kegiatan yang saya pikir hanya menginap-menginap saja, tetapi termyata kegiatan ini membuat saya sadar, bahwa kita harus memiliki tanggung jawab besar jika kita menjadi seorang pemimpin. Saya harap saya dan teman-teman bisa menjadi calon-calon pemimpin yang bertanggung jawab" Kata Luh Monica, ketua IPPNU SMP YPI Darussalam 1 Cerme.(Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts