qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Institut Teknologi Telkom Surabaya, Terapkan Teknologi Surya Cell dan Hidroponik Di Kampoeng Songo

 

Surabaya, GNN 

Kampoeng Songo tepatnya di RT. 09 RW. 03 Kelurahan Simomulyo Baru Kecamatan Sukomanunggal Kota Surabaya, merupakan salah satu kelurahan yang menerapkan Urban Farming, mempotensialkan lahan sempit untuk ditanami tanaman dan sayur-sayuran dengan teknik Hidroponik, yakni sebuah cara tanam dengan memakai bantuan air dengan pemenuhan pada kabutuhan unsur hara dan nutrisi bagi tanaman. 

Di Kampoeng Songo terdapat berbagai tanaman sayur-sayuran seperti tomat, cabai, bayam, seledri, dan tanaman sayuran lainnya, yang ditanam di lahan sempit dengan menggunakan metode hidroponik. Ibu Yaning Mustikaningrum selaku ketua pengembangan kampung sayur hidroponik kampung songo mengungkapkan bahwa, awalnya untuk mengajak warga masyarakat di kampoeng tersebut sulit, bahkan ada sebagian warga yang diberi tanaman sayur, malas merawatnya. Namun sekarang sudah mulai tumbuh kesadaran dan tanaman sayur serta hidroponik di Kampoeng Songo telah terpilih sebagai salah satu wilayah di Surabaya yang menjadi Pilot Project kampung sayur.

Permasalahan pada tanaman sayur yang sebagian penanamannya menggunakan metode hidroponik terkendala pada pemenuhin nutrisi yang diperlukan, dengan permasalahan ini 2 Tim Pengabdian Masyarakat dari Institut Teknologi Telkom Surabaya yang diketuai oleh Dr. Dhimas Adiputra, M.Phil. beserta anggota yang mendapatkan Hibah Pengabdian Masyarakat Kemendikbud-Ristek dan Mohammad Sholik, S.Kom., M.Kom. sebagai Ketua Tim Pengabdian Masyarakat dari prodi Rekayasa Perangkat Lunak Institut Teknologi Telkom Surabaya mendapatkan Hibah Internal Kampus, kedua tim berkolaborasi mengembangkan Teknologi Tepat Guna, yakni penerapan teknologi Surya Cell  dengan Hidroponik untuk memberi asupan air dan nutrisi secara otomatis. Yang kemudian dipantau melalui media informasi website yang dapat dikontrol menggunakan smart phone.

Dengan penerapan teknologi surya cell dan automasi ini, diharapkan pemenuhan nutrisi dan air untuk tanaman hidroponik semakin mudah dan dapat dikontrol dari manapun. Disamping itu, untuk memberikan informasi edukasi kepada masyarakat umum, pentingnya menerapkan kawasan hidroponik, dua tim juga mengembangkan Sistem Informasi Kampoeng Songo, dimana konten dari website tersebut berupa profil kampoeng songo, tanaman hidroponik, dan gambaran tentang penerapan teknologi surya cell guna untuk memenuhi kebutuhan tanaman hidroponik di kampung tersebut. Profil kampoeng songo dapat dilihat pada link www.desa-songo.com.(mad)


Baca Juga

Related Posts