qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Munas UKM IKM Nusantara, Stakeholder Sumsel Sepakat Majukan Ekonomi Indonesia

Ket. Foto : Ketua Umum UKM IKM Nusantara Hj. Candra Manggih Saat Bersama Mayor Jenderal TNI Hilman Hadi, S.IP., M.B.A., M.Han. dan Pejabat Lainnya


PALEMBANG, GNN 

Hj. Chandra Manggih Rahayu selaku Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) UKM IKM Nusantara, menegaskan Munas UKM IKM Nusantara di Palembang kali ini mengambil tema “Harmonisasi Nusantara UMKM Sebagai Pilar Ketahanan Ekonomi Indonesia”. 

Chandra menyebut UKM dan IKM Nusantara akan menjalin kerjasama dengan pemerintah dan swasta dalam pengembangan produk ketahanan pangan pertanian untuk mendorong program bela pengadaan. 

“Kami akan menjalin sinergi antar UMKM dan pemerintah dalam mengembangan produk ketahanan pangan pertanian demi mendorong program bela pengadaan,” ujar Hj. Chandra saat pembukaan Munas UKM IKM Nusantara.

Hj. Candra Manggih juga menyampaikan kutipan penyampaian Mayor Jenderal TNI Hilman Hadi, S.IP., M.B.A., M.Han. yang mengatakan bahwa kita harus bersinergi dengan semua elemen untuk penguatan NKRI melalui ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi, termasuk peningkatan senergitas semua steakholder dalam memajukan produk lokal, sehingga  bisa menembus e-katalog guna penyerapan program yang bersumber dari APBD maupun APBN.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengharapkan organisasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Nusantara dapat membimbing para pelaku UKM dan IKM yang ada di wilayah Sumsel, hal tersebut dikatakannya Saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) UKM dan IKM Nusantara yang digelar di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Jumat (25/11/2022) pagi kemarin. 

VIDIO SEPUTAR MUNAS

“Kita harapkan organisai UKM dan IKM Nusantara ini hadir sebagai pembimbing bagi para pelaku UKM dan IKM di Indonesia ini khususnya di Sumatera selatan” sambut Herman Deru dalam sesi pertama Munas UKM IKM Nusantara. 

Dalam sesi pertama tersebut dihadiri Pemerintah Daerah yakni, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Rifa'i Sinambela dari Mabes Polri,  Masda  TNI (Pur) Bonar Hutagaol Asisten Staffkhusus Kemenhan RI, Kemendagri Budiono, Direktur Bangda Kemendagri, Luhur Staff Ahli kelembagaan Kementrian Koperasi dan UMKM RI, Harry Naldi dari PT Travelbook Trans Internasional dan Direksi PT Viroty, Luhur Pradjart sebagai satu kesatuan dalam melakukan misi memperkuat perekonomian dan membangun sumber daya manusia unggul di wilayah sumatera selatan. 

Seperti halnya dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Reza Pahlevi, Menurutnya program tersebut memberikan kesempatan anak anak petani untuk melanjutkan ke perguruan tinggi secara gratis melalui program KIP. 

"  Dalam upaya meeruskan profesi orangtua nya bertani dan memberikan pendidikan pelatihan serta keterampilan mempersiapkan tenaga tenaga trampil sehingga mampu menciptakan peluang kerja dari hasli pertanian, pengolahan hasil pertanian hingga pemasaran", ungkapnya. 

Sejalan dengan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumsel, H Amiruddin sebagai tongak utama dalam pengembangan perekonomian melalui koperasi dan UMKM di Wilayah sumsel. 

Dalam kesempatan ini, Dinas Koperasi dan UMKM dan BPJS langsung melakukan kerjasama sama dengan UKM IKM Nusantara sebagai bentuk keseriusan mengembangkan sektor ekonomi di Sumatera selatan. 

Disesi kedua munas UKM IKM Nusantara Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi mendukung program yang dicanangkan UMK IKM Nusantara melalui satuan TNI Angkatan Darat sebagai satu kesatuan dalam mensukseskan program ketahanan pangan. 

Dalam sesi ke dua tersebut juga dihadiri kementrian Pertanian yang diwakili oleh Bambang Sugiharto,  Kadis Pertanian Bambang Pramono, BPJS Ketanakerjaan Moh, Faisal, Dewan Pembina UMK IKM Nusantara Masyda (purn) Hadian Sumintaatmadja serta dari PT Tri Mulya Sentosa, Gus Amin.(red)

Baca Juga

Related Posts