qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Pemdes Kedungsumber Gelar Musdes RKPDesa Tahun Anggaran 2023

Gresik, GNN 

Jelang penghujung tahun semua desa selenggarakan musyawarah desa (Musdes) penetapan peraturan desa tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun Anggaran 2023, seperti yang dilaksanakan oleh desa Kedungsumber Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik pada hari Jumat, 9/12/2022 di balai desa.

Acara yang dibuka langsung oleh kepala Desa Kedungsumber Wahono Yudo tersebut selain dihadiri oleh BPD, LKMD, Perangkat Desa, PKK, RT, RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama PKK, Sekoper, Kader Desa, Kader Balita, juga dihadiri Sekcam Balongpanggang Nur Salim dan Kasi Pemerintahan Murni.

Pada sambutanya Kades Kedungsumber Wahono berharap agar dalam pelaksanaan Mudes kali ini bisa menghasilkan penetapan yang bisa membawa kemajuan desa.

Ia juga berharap kepada semua elemen yang ada di desa bisa memaksimalkan peran dan fungsinya sehingga capaian pembangunan kedepan sesuai dengan perencanaan.

Tak lupa Ia juga berterimakasih atas partisipasi dan kehadiran semuanya pada musdes ini, dan terkusus kepada pemerintah diatasnya (Kecamatan), Wahono berharap agar sekiranya membantu serta ikut serta meramaikan wisata yang ada di desa Kedungsumber wisata Gangga Buya (WGB), sehingga perlu sekali adanya kegiatan kegiatan yang diadakan kecamatan di pusatkan di wisata Bangga Buya tersebut, Pinta nya.

Sementara Sekcam Balongpanggang memberikan pemahaman terkait pentingnya musdes ini dilaksanakan, sebab pembangunan desa itu butuh satu kebersamaan salah satunya adalah dimulai dari musdes yang menentukan perencanaan untuk satu tahun kedepan. 

Nur Salim juga memberi pemahaman bahwa membangun desa berawal dari visi dan misi Desa (kades) dan itu bisa perlu adanya perencanaan yang ditindak lanjuti dengan pelaksanaan kegiatan dan pada akhirnya dilakukan evaluasi, terangnya.

Tak lupa Ia juga memberi pemahaman tentang sumber anggaran yang di dapat dalam merealisasikan pembangunan antara lain bersumber dari :

- PAD (Pendapatan Asli Daerah)

- APBD (Alokasi Dana Desa)

- APBN (Dana Desa)

- Bantuan kusus (BK) yang merupakan hasil perjuangan kades melalui lobi dan pendekatan baik itu Pada legeslatif maupun eksekutif.

Sambutan pengarahan juga disampaikan oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Balongpanggang Murni.

Selanjutnya acara diteruskan dengan pembahasan agendacMusdes yang dipimpin oleh Ketua BPD Yanto didampingi Ketua LKMD Kasun.(WLO)


Baca Juga

Related Posts