qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

1 Abad Lebih IPSI Garuda Hitam Bedanten Bungah Istiqomah Rawat Tradisi, Kini Gelar Harlah dan Halalbihalal

GRESIK, GNN gerbangnusantaranews.com 

Desa Bedanten, adalah salah satu desa dari 22 desa yang ada di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik - Jawa Timur. Bedanten dikenal kaya akan beragam tradisi seni budaya peninggalan para leluhur desa. 

Salah satu tradisi peninggalan leluhur Desa Bedanten Bungah, yakni seni bela diri atau Pencak Silat "Garuda Hitam" yang telah berusia 1 Abad lebih. 

"Alhamdulillah, bertepatan dengan Momen Hari Raya Idul Fitri 1444 H, kami kembali menggelar Harlah ke-101 IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) "Garuda Hitam" Bedanten Bungah sekaligus Halalbihalal," terang Ketua Panitia Abdul Haris, Rabu (26/4/2023). 

Lebih lanjut Abdul Haris selaku Ketua Panitia Halalbihalal dan Harlah IPSI "Garuda Hitam" Desa Bedanten, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik menjelaskan, kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Balai Desa Bedanten Bungah Gresik ini diikuti ratusan pendekar dari 20 ranting Perguruan Silat yang ada di wilayah Kecamatan Bungah dan Manyar pada hari Senin, 23 April 2023.

"Karena momen Harlah dirangkai dengan Halalbihalal, tak pelak, ribuan warga Bedanten dari dalam desa maupun luar desa tumplek blek menyaksikan Pentas Seni Pencak Silat yang telah berusia lebih dari 1 Abad," tandas Abdul Haris. 

Abdul Haris berharap, seni bela diri yang ada sejak dulu ini harus terus kita jaga dan tetap dilestarikan. Dan sesama pendekar tetap kompak dan saling jaga silaturahm, khususnya di wilayah Kecamatan Bungah dan sekitarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Bedanten Bungah Abdul Majid mendukung penuh kegiatan nguri-uri seni budaya Pencak silat yang telah berusia lebih dari 1 Abad itu. Pihaknya berpesan agar tetap saling menjaga tali Ukhuwah Islamiyah antar warga pada umumnya, dan antar perguruan silat pada khususnya. Mengingat akhir-akhir  ini marak tawuran antar perguruan silat. 

"Dan yang tak kalah penting, mari kita bersama-sama, terutama generasi penerus tunas-tunas muda, istiqomah menjaga dan  merawat tradisi yang ditinggalkan oleh para leluhur Desa Bedanten berupa pencak silat  sejak ratusan tahun yang lalu," pesannya penuh bijak. (Abhiseka/Haris/Telisik Hati) 

Baca Juga

Related Posts