qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Bumdes Madurejo Sumurber Panceng Menggelar Lomba Adu Cepat Membuat Ketupat Lebaran

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Dalam rangka melestarikan warisan budaya dari Sunan Kalijogo. Badan Usaha Pemerintah Desa (Bumdes) Madurejo Desa Sumurber Kecamatan Panceng. Menggelar lomba adu cepat membuat ketupat lebaran di momen Idul Fitri 1444 H. Adapun pesertanya adalah perwakilan masing masing RW satu tim 3 orang dari 9 RW.

Kegiatan ini dengan tujuan membangun kekompakan dan kebersamaan antar warga Desa Sumurber dengan rangkaian kegiatan lomba membuat ketupat yang bisa dijadikan pegangan bagi warga untuk memaknai "Lepat" meminta maaf kepada sesama serta makna Filosofi Ketupat yang begitu dalam. Maka budaya ketupat ini  menjadi warisan budaya yang harus dilestarikan dan dirawat agar tetap lestari untuk anak dan cucu generasi penerus yang akan datang.

Lomba tersebut di pusatkan di lapangan pasar Desa Sumurber dengan media lesehan dengan melibatkan seluruh peserta masing masing dari perwakilan RW Desa Sumurber Panceng Gresik (28/4/2023)

Matokan M.Pd Ketua Bumdes Madurejo Desa Sumurber mengatakan, kegiatan ini adalah untuk kerukunan dan keguyuban warga pasca kita menjalankan ibadah puasa dan Hari raya Idul Fitri tentu hal ini menjadi momen penting untuk dijadikan sarana komunikasi dan Silaturrahmi antar warga," melalui lomba membuat ketupat ini juga memberikan edukasi buat kita agar skill membuat ketupat ini terus untuk di asah sehingga generasi penerus bangsa ini tetap melestarikan," katanya

Matokan berharap, budaya yang baik dan bisa mengambil nilai manfaat di hari raya ketupat ini yang merupakan warisan budaya dari Mbah Sunan Kalijogo ini untuk tetap di rawat dan dilestarikan kepada generasi yang akan datang," dan lomba tersebut nanti ada penghargaan dari yang terbaik dari Pemdes," tutup Matokan penuh syukur. (Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts