Pendamping Produk Halal (PPH) Kemenag Gresik Lakukan Aksi Sertifikasi Halal Di Lingkungan YPP Alkarimi Gresik - Gerbang Nusantara News

31 Mei 2023

Pendamping Produk Halal (PPH) Kemenag Gresik Lakukan Aksi Sertifikasi Halal Di Lingkungan YPP Alkarimi Gresik

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Program Sertifikasi Halal merupakan regulasi pemerintah dalam menjamin semua produk makanan dan minuman yang beredar di seluruh Indonesia di jamin kehalalanya.

Hali ini termaktub dalam UU nomer 33 tahun 2014. Terkait dengan hal ini maka pemerintah memberikan mandatoring kepada kementrian RI untuk menghendel dan mengawal program ini. Yakni yang termasuk disasar adalah kantin madrasah atau sekolah pelaku usaha dalam menjamin makanan dan minuman yang dikonsumsi peserta didik di lembaga dan ponpes Alkarimi betul betul halal  sesuai dengan aturan kesehatan dan SOP yang berlaku.

Hal ini dilakukan oleh tim pendamping produk Halal (PPH) Kemenag Gresik dengan menyasar kantin dan pedagang di lingkungan Yayasan ponpes Alkarimi. Aksi tersebut memberikan kemanfaatan bagi pedagang dan pelaku UMKM betapa pentingnya produk halal yang di instruksikan oleh pemerintah melalui kemenag. Dalam aksi tersebut pelaku ekonomi baik pedagang maupun usaha kantin semua didata juga diwawancarai oleh tim PPH kemenag terkait dengan alur pembuatan produk jajanan dan minuman.

Khotib Mpdi tim PPH Kemenag Gresik mengatakan, hari ini kami bersama tim PPH Kemenag Gresik gerak cepat untuk mengeksekusi sertifikasi halal produk makanan jajanan dan minuman dengan aksi di lapangan kepada pelaku usaha ekonomi yakni dengan menyasar penjual makanan dan minuman di lingkungan pondok Alkarimi," karena hari ini kita tidak hanya sosialisasi tapi dengan aksi nyata jemput bola untuk sasaran pelaku usaha,"

"Alhamdulillah aksi kita berjalan dengan baik dibantu dengan tim PPH semua kita data dengan persyaratan lengkap dan didaftarkan lewat aplikasi serta membawa sampel produk dan gratis selesai,"jelas Khotib yang juga ketua LDNU MWC NU Dukun

Harapanya program sertifikasi halal ini bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan makanan mulai proses awal hingga secara hygienis bisa dikonsumsi oleh siswa, santri dan masyarakat disamping ada lebilisasi halal yang itu tidak diragukan lagi akan dikonsumsi," tutupnya 

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus YPP Alkarimi, kepala MI, MTS dan MA Alkarimi, pengawas madrasah wilayah kecamatan Dukun dan tim PPH kemenag Gresik (Syafik Hoo)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda