qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Wayang Kulit Warnai Gelaran Sedekah Bumi Bersama Masyarakat Dusun Cinandang

Mojokerto, GNN gerbangnusantaranews.com 

Masyarakat Dusun Cinandang  Desa Cinandang , Kecamatan Dawar blandong  Kabupaten Mojokerto menggelar sedekah bumi, dan pagelaran wayang kulit  Kidalang Puguh Prasetyo A,Md,  dari desa Kandangan ,Kecamatan Cerme  ,Kab Gresik  dengan Lakon Lungguh Deso . Sedekah bumi di gelar di  Balai Dusun Cinandang minggu (30/5/2023).

"Ketua panitia diwakili oleh  Kepala Dusun cinandang , mengucapkan  terimakasi  atas terlaksananya  kegiatan tasyakuran sedekah bumi 2023.muda - mudahan dari awal sampai purna sukses lancar , tahun lalu ada pandemik dua tahun libur alhamdulilah sudah berhasil melampui pandemi berarti tahun ini ada  kegiatan lagi

disamping acara syukuran  sedekah bumi yang lebih penting  lagi  kegiatan dusun cinandang masih  banyak kegiatan tgl 12 ada  lomba gotong royong ,terimakasih  atas kekompakan ,kerukunan  ,termasuk acara siang ini dan  pendukung lomba gotong royong.  Menyonsong tanggal 12 kunjungan dari  provinsi  dan fropil lomba Desa Berseri  diwakili Rt 03 dan Rt04 .

kami minta   partisipasi seluruh warga desa dusun cinandang  ,lebih kompak dan gotong royong ," ujar kepala dusun  cinandang 

Lebih lanjut  H. Agus Siswahyudi, S.E., S.H selaku Kepala desa cinandang   mengatakan syukur alhamdulilah  pada sore hari ini masih diberi kesempatan dan kesehatan sehingga kita  dapat menghadiri acara ruwatan desa atau sedekah bumi dusun cinandang . mudah mudahan terwujudnya dari rasa syukur  kepada allah SWT  selalu di beri  barokah oleh  allah SWT.

Perlu saya sampaikan  kegiatan hari ini  adalah sedekah bumi  kami dari pemerintah desa kegiatan sedekah bumi ini  adalah perwujudtan  rasa syukur gotong royong warga dusun cinandang  sangat luar biasa . 

Dimulai kegiatan  bersih bersih desa  , makam sesepuh atau pendiri desa   dan dilanjutkan  membawa hasil panen dari  wujud dusun Cinandang.artinya adalah  perwujudtan dan rasa gotong royong  untuk rasa syukur kita kepada allah SWT 

" Masih Agus saya sangat  bangga ketika warga Dusun kami sangat luar biasa  buktinya tahun ini salah satu sejarah yang  belum perna terjadi di kota mokerto atau kabupaten mojokerto  yaitu  cinandang ini juara 1 kabupaten lomba gotong royong , sekabupaten mojokerto ,  juara 1 lomba  desa kabupaten mojokerto ,juara 1 lomba pkk kabupaten Mojokerto, dan sekarang berangkat ke provinsi  

lomba gotong royong   dan pada tgl 12 kami    bertambah semangat sekarang ada orang 200 besok harus ada 2000 orang ,di balai desa Cinandang  kita akan kirap 1000 tumpeng , tidak hanya kirap kita akan menampilkan semua  kearipan yang ada di desa cinandang , contoh kuda lumping , campur sari ,ada PSHT Teratai ada bermacam- macam, ada juga dramben .

untuk mencapai juara 1   saling gotong royong ,  dan Cindang  menang juara 1 lomba setoran bayar pajak( pbb,) lunas, sekabupaten mojokerto . Mudah mudahan berkat kerukunan sampean semuanya apa yang kita impikan menjadi desa yang maju dan masyarakatnya sejahterahmudah mudahan selalu  di kasih rezeki barokah saking allah SWT .

 Kami berterimakasih  sangat  parsitipasi  panjenengan  ,ada tayupan ini uri uri budaya  jawa .  Kegiatan kegiatan siskamping terimakasih sudah  jalan bahkan besok kita cangkruan   bahkan ada 1 informasi di cinandang adalah secang ( seneng cangkruk )," ungkap kades (Hadi)

Baca Juga

Related Posts