Desa Balongpanggang Bisa Menjadi Contoh dalam Melestarikan Lingkungan Hidup - Gerbang Nusantara News

23 Juni 2023

Desa Balongpanggang Bisa Menjadi Contoh dalam Melestarikan Lingkungan Hidup

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Desa Balongpanggang merupakan desa yang masuk  penilaian lapangan Desa Berseri tahun 2023 dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur ini mendapat perhatian dan dukungan dari pemerintah kecamatan Balongpanggang.

Camat Balongpanggang M. Amri melalui Sekcam Nur Salim mengatakan bahwa Dusun Balongpanggang dan Dusun Mojoroto yang begitu luas dengan warga yang antusias menanam dan melestarikan lingkungan sehingga tetap terasa sejuk dengan hijaunya tanaman yang rindang di sepnjang mata memandang.

Dari usaha tersebut Desa Balongpanggang (Dusun Balongpanggang dan Dusun Mojoroto) bisa meraih predikat Desa Berseri tingkat Pratama pada tahun lalu dan hari ini Selasa 20 juni 2023 ada Penilai Desa Berseri tingkat Madya, terangnya.

Jadi kalau dilihat nyata dilapang (lokasi) Dusun Sambiroto dan Mojoroto dari segi kekompakan, kegotong royongan warga, ini membuktikan bahwa tidak ada rekayasa, artinya kampung terasa indah, sejuk dengan tanaman hijau dan bersih serta pengelolaan sampah yang terpusat dan terkordinir maka tidak berlebihan bila desa Balongpanggang meningkat menjdi Desa Berseri tingkat Madya, tandas Nur Salim.

Ia juga berharap agar warga Desa Balongpanggang bisa menjadi motifasi kekompakn, kebersamaan dan kegotong royongan dalam melestarikan lingkungan hidup.

Sementara Ketua TP PKK Kecamatan Balongpanggang  Zur'ah Amri memenyampaikan bahwa pada dasarnya Tim Penggerak PKK kecamatan Balongpanggang sangat mendukung adanya kegiatan Desa Berseri ini, sebab hal ini dititik beratkan pada kegiatan pengelolaan sampah dan limbah, penghijauan, pemanfaatan lahan dan juga kebijakan desa yang mendukung lingkungan hidup sehingga hal tersebut bisa mewujudkan desa yang betul betul sehat dan indah.

Disamping itu tujuan-tujuan desa berseri sangat berkaitan dengan program kerja pokja III seperti gerbang sajadah (Gerakan Bank Sampah Menjadi Berkah ) Yang merupakan wujud nyata dari aku hatinya PKK Yang merupakan kepanjangan dari  Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman, terang Zur'ah Amri.

Perlu diketahui bahwa :

1. Desa Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik merupakan salah satu desa di Kabupaten Gresik yang saat ini mendapatkan predikat sebagai Desa Berseri pratama, Desa Berseri Madya dan saat ini diajukan menjadi kategori desa Berseri dan hari ini Selasa tanggal 20 Juni 2023 Desa Balongpanggang mendapatkan Penilaian Kunjungan Lapangan dari Tim Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur yang bertujuan untuk memantau eksistensi desa yang sudah mendapatkan penghargaan Desa Berseri madya dan diajukan menjadi desa berseri pratama dalam pengelolaan lingkungan hidup

2. Program Desa Berseri dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan tujuan meningkatkan kapasitas pemerintah desa dan peran serta masyarakat dalam manajemen pelestarian lingkungan sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan lestari. Program desa berseri dilaksanakan secara berjenjang, untuk tingkat Provinsi terdapat 3 kategori yaitu Berseri tingkat Pratama penilaiannya pada 2 RW, dan Berseri Tingkat Madya minimal telah mengelola 3 RW. Untuk Berseri tingkat Mandiri minimal mengelola 4 RW atau semua RW apabila pada desa tersebut jumlah RW kurang dari 4.

3. Penilaian desa berseri di titik beratkan pada kegiatan pengelolaan sampah dan limbah, penghijauan, pemanfaatan lahan dan juga kebijakan desa yang mendukung kegiatan lingkungan hidup. Di Balongpanggang sendiri terdapat bank sampah tepatnya di dusun Mojoroto yaitu bank sampah lingkungan bersahabat. Bank sampah ini juga merupakan program kerja Pokja III TP PKK Kecamatan maupun TP PKK Desa yang bertujuan untuk mengurangi volume sampah dari kegiatan rumah tangga, agar nantinya sampah sampah tersebut bisa di daur ulang, sehingga dapat memiliki nilai ekonomis.

Acara selain tim penilaian (juri) tersebut juga dihadiri kepaa UPT Puskesmas Balongpanggang dr Mas Rizal, Kades Balongpanggang, dan jajaran muspika lainnya.(WLO)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda