Ketua TP PKK Kecamatan Balongpanggang Gencar Sosialisasikan Cegah Stunting Sejak Dini - Gerbang Nusantara News

09 Juni 2023

Ketua TP PKK Kecamatan Balongpanggang Gencar Sosialisasikan Cegah Stunting Sejak Dini

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com

Hal ini dilakukan oleh Ketua TP PKK Kecamatan Balongpanggang Zur'ah Amri dengan melibatkan semua unsur yang ada di Kecamatan Balongpanggang, seperti yang diselenggarakan hari ini Kamis (8/6/2023) di aula pertemuan UPT Puskesmas Balongpanggang.

Acara sosialisasi kali ini dikemas dalam acara Koordinasi lintas sektoral (Linsek) tentang Kesehatan Calon Pengantin (Catin) sebagai bentuk persiapan jika yang aturan ini diterapkan.

Lebih lanjut Zur'ah Amri, menyampaikan apresiasi kepada seluruh penyelenggara kegiatan serta seluruh hadirin yang begitu antusias.

Semoga acara ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar terutama para catin di wilayah Kecamatan balongpanggang dalam memahami bagaimana kesehatan reproduksi sebelum menikah agar dapat mewujudkan pernikahan yang bahagia lahir dan batin, yang biasa disebut sakinah mawaddah wa rahmah.

Perlu difahami bersama bahwa setiap anggota masyarakat yang akan menikah mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk memperoleh konseling dan pemeriksaan kesehatan bagi catin, terang Zur'ah Amri, 

Zur'ah Amri, juga menjelaskan bahwa kesehatan reproduksi didefiniskan sebagai kondisi sehat secara fisik, mental dan sosial, jadi bukan terbebas dari penyakit atau kecacatan saja yang berkaitan dengan fungsi, sistem dan proses reproduksi manusia untuk melanjutkan keturunan saja,  namun kesehatan reproduksi calon pengantin (Catin) dapat diartikan sebagai keadaan sehat secara fisik, mental dan sosial seorang calon pengantin (Catin). 

Catin yang akan menikah merupakan cikal bakal terbentuknya sebuah keluarga, sehingga perlu mempersiapkan kondisi kesehatannya agar dapat menjalankan kehamilan sehat sehingga dapat melahirkan anak yang sehat dan bisa menciptakan keluarga sejahtera dan berkualitas, tandasnya 

Secara detail Zur'ah Amri, memaparkan beberapa hal yang yang harus dipersiapkan pranikah terkait dengan Kesehatan produksi antara lain :

- Pemeriksaan Kesehatan. ideal 3 bulan sebelum tanggal pernikahan.

- Persiapan gizi 

- Pemberian Imunisasi tetanus bagi bagi calon pengantin perempuan

- Menjaga Kesehatan organ reproduksi.

- Menjaga Kesehatan jiwa.

- Pemeriksaan Skrening HIV, Spilis, HbSAg (Tripel Eliminasi) bagi kedua calon pengantin.

Secara administrasi setiap catin dihimbau untuk mendownload dan mengisi Aplikasi Elsemil, yang mana aplikasi elsimil ini merupakan sebuah program skrining dan pendampingan untuk calon pengantin (catin). Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Siap Hamil, Papar Zur'ah Amri

Jadi aplikasi ini merupakan aplikasi yang ditujukan untuk pasangan calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan. Tiga bulan sebelum waktu pernikahan, pasangan calon pengantin terlebih dahulu mengunduh dan registrasi di aplikasi Elsimil. Banyak informasi yang dibutuhkan oleh calon pengantin maupun calon ibu yang mempersiapkan kehamilan setelah menikah, ada di dalam aplikasi Elsimil. Jika Sertifikat Elsimil hasilnya dinyatakan "Berisiko" (Merah), pernikahan tetap boleh dilangsungkan namun Tim Pendamping Keluarga (TPK) akan merekomendasi untuk menunda kehamilan, pungkas Zur'ah Amri, sembari berharap setelah kegiatan ini agar para ketua TP PKK Desa, para Kader, TPK (Tim Pendamping Keluarga) maupun Kasi Kesra untuk tetap semangat dan tidak bosan-bosannya mengotrol catin di desanya msing masing serta memberikan konseling. 

Acara tersebut dihadiri dan dikuti oleh Muspika Balongpanggang, Kepala UPT  Puskesmas Balongpanggang, Ketua Tim Penggerak PKK Desa, Kasi Kesra Desa dan undangan lainnya.(WLO)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda