Pengembangan Perpustakaan INSIDA Gresik Sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP) - Gerbang Nusantara News

08 Juli 2023

Pengembangan Perpustakaan INSIDA Gresik Sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP)

Foto Istimewa 

Surabaya, GNN gerbangnusantaranews.com 

Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang berada pada lingkungan perguruan tinggi, sekolah tinggi, akademi atau sekolah tinggi lainnya yang pada hakikatnya merupakan bagian integral dari suatu perguruan tinggi. Setiap perguruan tinggi menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan”.

Ketua INSIDA Gresik, Syifaul Qulub menyatakan Proses pendidikan diperguruan tinggi tidak terlepas dari kegiatan penelitian dan pengembangan, inovasi, serta rekayasa ilmu pengetahuan. Sehingga perpustakaan perguruan tinggi sering dikatakan “jantungnya” Perguruan Tinggi.

Sebagai bagian dari institusi perguruan tinggi, perpustakaan diselenggarakan dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan program perguruan tinggi sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tiga kewajiban yang terdapat dalam perguruan tinggi. Tiga kewajiban tersebut, yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Seluruh civitas akademika di kampus bertanggung jawab terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ikhtiar  pengelolaan serta pelayanan lebih baik terus dilakukan oleh INSIDA Gresik di segala bidang, salah satunya perpustakaan demi mendukung program Tri Dharma Perguruan Tinggi. " Ujar Bapak Rektor Syifa'ul Qulub di Tanah Suci Makkah."

Kepala perpustakaan INSIDA Gresik Ismawati menjadi salah satu peserta Bimbingan Teknis Pengembangan perpustakaan perguruan tinggi provinsi Jawa Timur  di Kota Surabaya. Kegiatan Bimbingan Teknis ini merupakan program Perpustakaan Nasional RI selaku perpustakaan pembina yang ditujukan kepada perpustakaan perguruan tinggi. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 4 – 6 Juli 2023 di Hotel Movenpick Surabaya ini dihadiri oleh 100 peserta dari perpustakaan perguruan tinggi di Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan bimbingan teknis kali ini dibuka oleh Drs. Nurcahyono, S.S., M.Si., selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi - Perpustakaan Nasional RI. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah hadir dalam kegiatan bimbingan teknis perpustakaan perguruan tinggi di provinsi Jawa Timur. Beliau menyampaikan data yang dimiliki oleh Perpustakaan Nasional RI yaitu sebanyak 558 Perguruan Tinggi yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur di mana perpustakaan perguruan tinggi yang telah terakreditasi sebanyak 56 (10%).

Setiap perguruan tinggi menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan”.(eva)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda