Serentak Pegawai BPJS Kesehatan Gresik Lakukan Kegiatan Peduli Kesehatan Sesama - Gerbang Nusantara News

14 Juli 2023

Serentak Pegawai BPJS Kesehatan Gresik Lakukan Kegiatan Peduli Kesehatan Sesama

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com  

Secara serentak BPJS Kesehatan Gresik selenggarakan kegiatan donor darah di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan termasuk Kantor Cabang Gresik (12/07/2023), ini bebagai salah satu bentuk  implementasi peningkatan Transformasi Mutu Layanan serta dalam rangka Hari Ulang Tahun Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) yang ke-55, sebab kegiatan sosial positif ini dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat karena memiliki peran penting dalam dunia kesehatan. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Janoe Tegoeh Prasetijo menyampaikan “Kami mengucapkan terima kasih kepada Palang Merah Indonesia (PMI) yang telah berkolaborasi untuk pelaksanaan kegiatan donor darah ini. Untuk pesertanya diikuti oleh seluruh pegawai BPJS Kesehatan yang kesehatannya memenuhi syarat. Hal ini tentunya menjadi salah satu contoh nyata pelayanan kami dalam membantu sesama karena darah yang didonorkan menjadi sumber kehidupan bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah,” 

Janoe menegaskan bahwa tranfusi darah ini umumnya dibutuhkan oleh penderita penyakit kronis, korban kecelakaan, serta mereka yang menjalani operasi. Ia juga mengatakan bahwa donor darah ini bukan hanya memberikan manfaat bagi penerima donor, namun juga bagi sang pendonor. 

“Selain sebagai wujud untuk membantu sesama, para pegawai BPJS Kesehatan yang melakukan donor darah juga mendapatkan manfaat kesehatan. Tidak terkecuali dapat turut serta meningkatkan kesejahteraan bangsa. Hal ini yang harus dirasakan oleh setiap masyarakat di penjuru negeri,” tegasnya. 

Janoe menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia. Melalui kegiatan donor darah ini sebagai bukti bahwa BPJS Kesehatan tidak hanya menjadi lembaga negara dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan, tetapi juga menjadi bagian yang peduli dan berkontribusi dalam memajukan kesehatan bangsa.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan program-program lain yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan, seperti penyuluhan kesehatan, kegiatan sosial, dan pemberian bantuan kepada masyarakat kurang mampu. BPJS Kesehatan berharap bahwa melalui berbagai inisiatif tersebut, mereka dapat terus memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia,” sebut Janoe. 

Semangat yang diberikan oleh pegawai BPJS Kesehatan ini mendapat apresiasi dari Ketua PMI Cabang Lamongan, Dr. Moh. Chaidir Annas, M.MKes. Ia menyebut bahwa kegiatan donor darah ini merupakan bentuk kepedulian akan kesehatan orang lain. 

“Atas nama PMI Cabang Lamongan kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas kepedulian BPJS Kesehatan Cabang Gresik yang telah melaksanakan donor darah. Hal ini dapat memupuk rasa kepedulian bagi orang lain yang membutuhkan karena setetes darah kita sangat berarti,” kata Annas. 

Annas juga mengutarakan bahwa bantuan donor darah yang diberikan oleh pegawai BPJS Kesehatan dapat melengkapi kebutuhan stok di bank darah Cabang Lamongan, mengingat kebutuhan darah yang tidak pernah berhenti. Lebih lanjut, Annas berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara berkala dan berkesinambungan. 

“Kami merasa sangat terbantu atas kesediaan pegawai BPJS Kesehatan memberikan darahnya untuk kami simpan di bank darah. Donor darah jika dilakukan secara rutin akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita karena darah yang didonorkan akan diganti oleh sistem mekanisme di tubuh kita melalui sumsum tulang belakang. Dengan demikian akan muncul darah baru yang lebih segar dan hal tersebut sangat bermanfaat untuk menyuntik semangat baru kita. Semoga pegawai  BPJS Kesehatan khususnya Cabang Gresik selalu diberikan kesehatan, semakin maju dan sukses kedepannya. Tak lupa kami berharap agar Program JKN bisa terus memberikan manfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.(red)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda