Sosper Tahap VI Tahun 2023 H. Abdullah Hamdi, Ajak Masyarakat Memilah Sampah Sesuai Jenisnya - Gerbang Nusantara News

31 Juli 2023

Sosper Tahap VI Tahun 2023 H. Abdullah Hamdi, Ajak Masyarakat Memilah Sampah Sesuai Jenisnya

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Anggota komisi III DPRD Gresik H. Abdullah Hamdi, S.S, (F.PKB) gelar Sosialisasi Peraturan (Sosper) Perundang-undangan Tahap VI tahun 2023 di Cafe Bakalan RT 08 Desa Hendrosari, Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Minggu, 30/07/2023.

Pada kesempatan sosperda tahap VI kali ini politisi Partai PKB yang akrab dipanggil Cak Hamdi ini didampingi oleh Kasi Operasional Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik, Abd Roziq, mensosialisasikan dua perda yakni peraturan daerah (Perda) Kabupaten Gresik no 14 tahun 2019 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan dan perda no 3 tahun 2021 tentang pengurangan penggunaan plastik sekali pakai.

"Pemerintah kabupaten Gresik berkeinginan untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai agar tidak terjadi penumpukan sampah yang menggunung karena Sampah plastik merupakan sampah yang sangat sulit untuk dimusnahkan" ungkap Cak Hamdi.

Hamdi mengatakan kunci dalam mengurangi penumpukan sampah adalah kesadaran dari masyarakat untuk memilah sampah sampah sebelum dibuang sehingga dengan kesadaran masyarakat dalam memilah sampah sesuai jenisnya maka sampah yang diangkut untuk dibawah ke tempat pembuangan sampah atau TPA bisa berkurang.

"Dengan mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah sesuai jenisnya sebelum dibuang ketempat sampah dan dengan adanya pengolahan sampah disetiap Desa maka kesadaran masyarakat akan tumbuh sehingga penumpukan sampah pun bisa berkurang" ujar Cak Hamdi.

Abdul Roziq Kasi Operasional Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik selaku narasumber mengatakan bahwa permasalahan terkait sampah ini tidak hanya ada dikabupaten Gresik saja akan tapi  masalah sampah ini sudah menjadi permasalahan yang mendunia.

"Sampah plastik adalah sampah yang paling sulit terurai penyebab utama menggunungnya sampah itu disebabkan karena sampah plastik tersebut", ujarnya

Partisipasi masyarakat sangatlah diperlukan dan DLH berharap agar disetiap desa bisa memiliki tempat pengolahan sampah terpadu agar penumpukan sampah bisa terus berkurang."Alhamdulillah di Kecamatan Menganti ini melalui Bumdesma akan dibuat pengolahan sampah untuk menampung dan mengolah sampah sampah yang ada di seluruh wilayah kecamatan Menganti ini dengan begitu nantinya penumpukan sampah dikabupaten Gresik ini bisa berkurang", pungkasnya.(mhr)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda