Ribuan Bakul Jamu Gendong di Madiun Siap Pecahkan Rekor Muri - Gerbang Nusantara News

05 November 2023

Ribuan Bakul Jamu Gendong di Madiun Siap Pecahkan Rekor Muri

Madiun, GNN gerbangnusantaranews.com

Setidaknya ada 1.300 bakul (penjual) jamu gendong yang terdiri dari penjual jamu dan anggota PKK di sejumlah kelurahan, meriahkan Festival Jamu Gendong Nusantara di Pahlawan Street Center (PSC) lKota Madiun, Sabtu (4/11).

Dengan kehadiran seribu lebih peserta itu dipastikan bakal memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), mengingat 10 tahun yang lalu pernah dicatatkan rekor sebanyak 1.058 penjual jamu gendong di Semarang, dan hari ini di Kota Madiun ada 1.300 peserta, srtinya, rekor sebelumnya sudah terlewati,’’ kata Ketua Koperasi UMKM Indonesia Imlsyudin.


Lebih lanjut Imlsyudin juga mengatakan kegiatan tersebut memang hasil kerja bareng Koperasi UMKM Indonesia dengan Pemerintah Kota Madiun serta MURI, penghitungan pun dilakukan dan piagam MURI akan diberikan setekah proses verifikasi selesai, terangnya

Imlayudin menyebut festival jamu gendong sengaja dicatatkan pada MURI sebagai bentuk apresiasi para penggiat jamu di Kota Pendekar. Selain itu, festival merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan mempromosikan jamu. Seperti diketahui jamu merupakan warisan budaya. Namun, kata jamu saat ini tergerus dengan kata herbal yang notabenenya merupakan kata serapan.

‘’Ini juga merupakan bentuk promosi jamu. Ke depan Kota Madiun bisa menjadi destinasi kebugaran,’’ ungkapnya sembari menyebut ada jamu beras kencur, kunir asem, dan lain sebagainya.

Dipilihnya Kota Madiun sebagai lokasi pemecahan rekor MURI bukan tanpa alasan, Imlsyudin menyebut sudah mengemuka nama sejumlah daerah sebelumnya, pilihan kemudian jatuh ke Kota Madiun salah satunya karena banyaknya pegiat jamu dan dukungan pemerintah daerah setempat. 

‘’Sebelumnya kita melihat Solo dan daerah-daerah di Jawa Tengah. Tetapi setelah melihat Kota Madiun, ternyata ada banyaj pegiat jamu. Salah satunya, paguyupan rempah rimpah pimpinan ibu Mega. Selain itu, Pemerintah Kotanya juga mendukung sekali,’’ ungkapnya

Semebtara Komandan barisan festifal bakul jamu gendong nusantara drh. Toni D. mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan berjalan rapi dan lancar serta sesuai harapan bersama.(tn)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda