qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Ketua Partai Golkar Jatim M. Sarmuji, Kembali Raih Kursi DPR RI

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com  Nandur Becik Thukul Becik,  “Ngunduh Wohing Pakarti, Apa yang Kita Tanam itulah yang Kita Tuai. Untaian kata penuh makna ini kiranya tepat untuk menggambarkan kemenangan seorang Muhammad Sarmuji, SE, M.Si, Caleg DPR RI Dapil Jatim 6 meliputi kabupaten/kota Blitar, Tulungagung dan kabupaten/kota Kediri. 

Di Dapil neraka ini tersedia 9 kursi DPR RI yang diperebutkan ratusan Caleg. Dan M. Sarmuji yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur ini adalah salah satu caleg yang berhasil mendapatkan kursi tersebut. Sementara ratusan caleg lainnya tumbang alias gagal melenggang ke Senayan. 

"Alhamdulillah, Allah mengijabahi saya untuk mengabdi dan membela kepentingan masyarakat dengan terpilih kembali menjadi anggota DPR RI. Insya Allah membawa kebaikan dan kemaslahatan," ungkap H Muhammad Sarmuji Asli Arek Suroboyo dengan nada penuh rasa syukur, Jumat Berkah (23/2/2024). 

Kemenangan Sarmuji sebagai anggota DPR RI untuk ketiga kalinya ini tak lepas dari apa yang telah dilakukannya selama menjadi wakil rakyat di Senayan. Beliau dikenal rajin turun langsung ke tengah-tengah masyarakat. Tak sekadar bersilaturahmi, Sarmuji juga hadir mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi rakyat kecil. 

Selama mengemban amanah sebagai anggota DPR RI duavperiode sebelumnya, 

Sarmuji terbukti terus berjuang dan mengabdi untuk masyarakat. Ia sadar betul jika keberhasilannya saat ini tak lain berkat dipilih rakyat. Rakyat lah yang mengantarkannya hingga bisa kembali menduduki Singgasana Kursi Legislatif DPR RI. 

"Amanah dan kepercayaan yang diberikan masyarakat ini akan saya laksanakan dengan sebaik-baiknya. Matur nuwun seluruh tim dan pemilih, juga kepada penyelenggara pemilu, PPS, pengawas, dll yang sudah bekerja keras mewujudkan Pemilu yang kondusif dan harmonis," tutur Sarmuji lagi-lagi dengan nada penuh syukur. 

Anggota DPR RI tiga periode ini juga mengajak seluruh Sedulur Sarmuji untuk melanjutkan program-program untuk kemajuan dan kesejahteraan Jawa Timur khususnya dan Indonesia.

Untuk diketahui, H Muhammad Sarmuji, SE, M.Si adalah anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI yang berasal dari Dapil Jawa Timur. Selain menjabat sebagai anggota DPR RI, pria yang lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 10 Juni 1974 ini juga merupakan Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur.

Kedua jabatan itu sangat pantas disematkan di bahu pemilik nama lengkap Muhammad Sarmuji ini, sebab Sarmuji berkarir di Partai Golkar dari tapak paling bawah, yang muncul dari identitas seorang Sarmuji adalah sisi intelektualitasnya.

Ia bukan pengusaha, bukan milyuner, bukan pula figur yang memiliki logistik berkarung untuk memenuhi operasional politik dalam masa perang. Ia adalah figur pemecah masalah, pendobrak, progresif dan intelektual.

Lahir di Surabaya, Sarmuji yang memiliki latar belakang keluarga sederhana ini kemudian menempuh pendidikan dari SD hingga SMA di Kota Surabaya pula. Setelah lulus dari SMA, ia masuk ke Universitas Jember, pada 1992.

Di kampus ini, ia belajar di Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, hingga lulus pada 2000. Sarmuji lantas melanjutkan pendidikannya di Program Pascasarjana Universitas Indonesia dan meraih gelar master bidang administrasi bisnis pada 2006.

Sarmuji memulai kiprahnya di kancah politik sebenarnya sejak ia mendaratkan diri pada organisasi gerakan mahasiswa. Ia bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Sarmuji sempat menjadi Ketua HMI Cabang Jember pada periode tahun 1998 – 1999.

Karir organisasinya terus melesat di HMI, puncaknya saat menjabat Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Nasional (PPN) Pengurus Besar HMI pada periode tahun 2000-2002.

Terpilihnya ia sebagai anggota DPR RI ini sebenarnya tak lepas dari ketekunannya dalam bekerja, berdoa, visi serta misinya yang senantiasa diperjuangkan bagi kepentingan masyarakat luas. Apalagi ada sandaran ideologis teologis yang menjadi pemantik semangat seorang Sarmuji untuk mengubah persepsi masyarakat mengenai idiom yang selama ini terpatri, yakni ‘politik kotor’.

Adalah sebuah nilai yang harus diperjuangan Sarmuji agar stigma tersebut tak berlanjut dan menjadi persepsi politik yang bersih, rapi, beretika, tentunya juga politik sebagai kekuatan menolong.

“Sandaran ideologis dan teologis yang menyebabkan saya semakin mantap masuk dunia politik. Sandaran teologisnya itu diinspirasi oleh salah satu ayat di dalam Al- Qur’an, yakni surat Al-Isro,” ucap Sarmuji.

Baginya, ayat dalam Kitab Suci Al-Qur'an tersebut telah menginspirasi dirinya untuk kemudian dijadikan kekuatan politik. Utamanya dalam visi politiknya yang berlandaskan pada nilai kebenaran termasuk salah satunya menolong masyarakat dalam memperjuangkan kebijakan-kebijakan politik yang hendak ia tempuh saat bertugas sebagai anggota dewan di parlemen.

Hingga kini, Sarmuji merupakan figur yang menjadi corong untuk masyarakat di Dapilnya. Ia senantiasa melayani aspirasi masyarakat termasuk aspirasi untuk membangun Jawa Timur lebih baik lagi. Posisi seorang Sarmuji cukup strategis, ditambah usianya yang masih cukup muda. Ia masih bisa lebih berkembang lagi dari sekarang, minimal menduduki kursi Gubernur Jatim adalah hal yang harus diraihnya di kemudian hari. 

Pengalaman

1. Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jember Periode tahun 1998 - 1999.

2. Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Nasional (PPN) Pengurus Besar HMI periode tahun 2000 - 2002

3. Sekretaris Jenderal Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) periode tahun 2006 - 2010

4. Staf Ahli Fraksi Partai Golongan Karya

5. Anggota DPR RI 2014-2019

6. Anggota DPR RI 2019-2024

7. Anggota DPR RI 2024-2029

8. Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) 2019-2023

9. Ketua DPD Partai Golongan Karya Provinsi Jawa Timur 2020-2025 (Didik Hendri Telisik Hati)

Baca Juga

Related Posts