Pendatang Baru Melenggang Di Gedung DPRD Gresik Dari Setiap Dapil - Gerbang Nusantara News

09 Februari 2024

Pendatang Baru Melenggang Di Gedung DPRD Gresik Dari Setiap Dapil

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com   

New Comer (Pendatang Baru) calon legislatif DRPD Gresik diperkirakan akan muncul di setiap daerah pilihan (dapil) dari 9 dapil yang ada di kabupaten Gresik. Hal ini disampaikan  oleh ketua peneliti IRC (Indo Riset anda Consultan) Muhammad Faizin, S.Pd, MM., CRP., saat diskusi ringan bersama Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Media Online Indonesia (MOI) Kabupaten Gresik di salahsatu rumah makan di Cerme pada hari Jumat, 9 Februari 2024.

"dari 9 dapil yang ada, rata-rata muncul pendatang baru yang diprediksi bisa mulus melenggang ke gedung dewan," ucap pria yang akrab disapa Cak Faizin.

Menurutnya, hal tersebut berdasarkan data hasil survey yang diambil secara acak dengan random sampling bertingkat periode 30 Januari - 5 Februari 2024 dengan tingkat kepercayaan 92% dan margin of error 3 - 4 %.

Lebih lanjut, mantan ketua PC GP Ansor Gresik itu juga menjelaskan fenomena new Comer ini pada dua kriteria, yaitu new Comer dari partai yang sama yang berpotensi menggantikan incumbent dan new Comer dari partai baru dengan kursi baru.

"Misalnya di dapil 3, new Comer berpeluang menggantikan incumbent dalam satu partai, sedangkan di dapil 2, new Comer dari partai yang sebelumnya tidak dapat kursi di dapil tersebut berpeluang masuk gedung dewan", jelasnya.

Secara umum, calon Doktor itu menjelaskan bahwa partai yang lolos ke Gedung DPRD Gresik masih didominasi oleh partai-partai sebelumnya yaitu PKB, Gerindra, Golkar, PDIP, Nasdem, Demokrat, PPP dan PAN.

"Seperti sebelumnya, 8 parpol tersebut diprediksi tetap melenggang ke gedung dewan, hanya saja komposisinya ada perubahan," pungkas Cak Faizin serius.

Tak lupa, Pada momen yang bertepatan dengan hari pers nasional (HPN) 2024 ini, pria yang pernah menjadi anggota KPU dan Panwaslu itu  juga mengucapkan selamat dam sukses kepada insan pers sambil menyampaikan beberapa pandangan sosial politik yang ada di Kabupaten Gresik khususnya terkait pemilihan umum (Pemilu) legislatif. (WLO)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda