qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

UQ Gresik Gelar Lomba SID, Guna Masifkan Informasi Digitalisasi Desa

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com

Pada hari Ahad tanggal 4 Pebruari 2024 panitia Kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Qomaruddin (UQ) Bungah Gresik mengadakan lomba SID (Sistem Informasi Desa) di Pendopo Kecamatan Ujungpangkah yang diikuti oleh 13 operator SID Se Kecamatan Ujungpangkah. 

Pelaksanaan lomba ini diharapkan mampu memberikan edukasi sekaligus pencerahan bagi operator Desa dalam menginformasikan dan menginput aset dan potensi Desa. Dengan Kehadiran KKN tahun ini Mahasiswa mampu bersosialisasi dengan masyarakat setempat sekaligus bisa membantu Operator SID guna memaksimalkan aplikasi Pemerintah kabupaten Gresik karena sejauh ini aplikasi tersebut belum di implementasikan Desa secara maksimal, oleh karena itu di dalam pelaksanaan Proker anak anak mahasiswa kali ini adalah memanfaatkan Fitur SID itu khususnya Lapak agar bisa menyebarkan  Usaha Pelaku UMKM, Wisata Desa agar ter Ekspos di Web Open Desa dan bisa di akses oleh masyarakat luas. 

Dalam sambutanya  Rektor UQ Prof. Dr. H Aswadi MAg. sangat Mengapresisasi kegiatan KKN tahun ini karena mempunyai Inovasi di dalam pengembangan Digitalisasi Desa yang bersinergi dengan pemerintah Kabupaten baik Bappeda, Kominfo, Sambutan hangat sekaligus dukungan dari pemerintah Kecamatan Ujungpangkah dan 13 desa yang sangat mendukung.  

Ketua LPPM UQ  Lutfi Hakim menyampaikan, bahwa lomba SID ini adalah bentuk Promosi aplikasi masyarakat agar bisa memudahkan pelayanan baik dalam surat menyurat, pedagang yang ada di Desa. Selain dari pada itu, dengan acara ini agar bisa memotivasi Operator Desa agar terus mengupdate layanan yang ada di dalam aplikasi tersebut," jelasnya

Semenrara itu Camat Ujungpangkah Sofwan Hadi mengatakan,  sangat berterima kasih kepada UQ yang telah melaksanakan KKN di Kecamatan UtUjungpangkah tahun ini mampu Memaksimalkan fungsi SID di kecamatan kami, apalagi dengan menggelar Lomba  SID semoga bisa memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi Desa dan masyarakat Ujungpangkah,"

"Nanti tahun depan bisa di tempatkan di Kecamatan kami lagi," imbuhnya (06/02/2024)

Acara ini dihadiri oleh Rektor, Warek 1 Ketua LPPM, panitia inti KKN dan koordinator 13 operator SID Desa dan 26 Mahasiswa serta civitas akademika UQ Bungah Gresik. 

Acara dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 15.30 berjalan sangat lancar dengan Pemenang Juara 1 yakni operator Desa Bapak Khoirul Huda dari Desa Gosari yang meraih teropi, sertifikat dan uang sebesar Rp 1.500.000 sedang Juara 2 Bapak Faishol dari Desa Kebonagung yang meraih uang Rp 1.000.000 sedang juara 3 yaitu mas Amtsa dari Desa Banyuurip dengan meraih uang Rp 750.000

Indikator penilaian dianataranya adalah dengan teknis berkirim vidio tangkap layar pasca input dan menulis narasi singkat di fitur tersebut dan presentasi 5 menit di depan Juri Bapak Soni Caturiyanto dari Diskominfo dan ibu Anik Nur Kholifah dari Bappeda sedang Operating System UQ yakni Bapak Wahyu. (Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts