Jelang Lebaran, Bupati Gresik Salurkan Bantuan Sosial Untuk Masyarakat di Kecamatan Benjeng - Gerbang Nusantara News

03 April 2024

Jelang Lebaran, Bupati Gresik Salurkan Bantuan Sosial Untuk Masyarakat di Kecamatan Benjeng

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menyalurkan bantuan sosial berupa uang tunai kepada masyarakat di Kecamatan Benjeng, Rabu (03/04) yang terbagi menjadi beberapa sasaran kelompok masyarakat, di antaranya kelompok inklusif (lansia dan disabilitas), janda miskin, anak yatim/piatu, guru ngaji, marbot dan penjaga makam.

Bupati Gresik Gus Yani mengatakan bahwa bantuan inj sebagai pengembangan dari program PKH Inklusif yang sudah berjalan. Ia menegaskan waktu pencairannya juga tepat mendekati hari raya, sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan lebaran.

Gus Yani juga menyampaikan bahwa program ini adalah pengembangan dari program PKH Inklusif yang ada dalam Nawa Karsa yang tujuannya tidak lain adalah untuk mengurangi angka kemiskinan, serta sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat. Apalagi mendekati hari raya, bantuan ini bisa dipakai untuk kebutuhan lebaran," ujar Bupati Yani.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Gresik memiliki program PKH Inklusif yang dananya berasal dari APBD. Istimewanya, dalam PKH Inklusif penerima manfaatnya memiliki beberapa kriteria yakni masuk dalam kelompok rentan dan belum menerima bantuan sosial baik dari pemerintah pusat maupun provinsi.

Dari program inilah, Bupati Yani mengembangkannya dengan memasukkan beberapa kelompok seperti janda miskin, anak yatim/piatu, guru ngaji, marbot, dan penjaga makam untuk menjadi penerima manfaat bantuan sosial.

Dalan pelaksanaannya, bantuan sosial ini dijalankan secara serentak oleh Dinas Sosial Kabupaten Greskk pada semua kecamatan sejak pekan lalu. Adapun bantuan berupa uang tunai ini di distribusikan secara langsung kepada masyarakat melalui PT. Pos Indonesia.

"Ini adalah sinergi yang luar biasa antara pemerintah daerah dengan instansi lain. Dananya berasal dari APBD, kemudian di distribusikan lewat PT. Pos Indonesia, dan di lapangan pelaksanaannya dibantu juga oleh teman-teman PKH," terangnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial dr. Ummi Khoiroh, M.Kes., pada kesempatan tersebut melaporkan bahwa hari ini ada dua jadwal penyaluran yakni di Kecamatan Benjeng dan Kecamatan Wringinanom yang sebelumnya sudah dilaksanakan di Kecamatan Dukun, Sidayu, Cerme, Manyar, Tambak, Sangkapura, Kebomas, Duduksampeyan, Balongpanggang, Gresik, Ujungpangkah, Driyorejo dan Kedamean, sehingga dalam minggu ini penyaluran bisa tuntas.

Tak lipa Ia juga menghimbau kepada penerima untuk bisa menggunakan sebagaimana keperluan terutama saat ini jelang lebaran, himbaunya seraya mengajak semua untuk berteimakasih kepada bupati dan wakil bupati Gresik yang telah mengembangkan program ini sehingga penerima semakin banyak cakupan sasaran, pungkasnya.

Pada momen tersebut Camat Benjeng Nurul Fuad, S.Sos., MM., yang baru menjabat beberapa hari ini juga berkesempatan untuk berkenalan dan menyapa masyarakat Benjeng khusnya penerima manfaat.

Fuad juga berharap keberadaan dirinya di Benjeng bisa diterima semua pihak dan bisa memberi warna untuk kemajuan Kecamatan Benheng secara keseluruhan, pungkasnya sembari menyampaikan selamat datang kepada Bupati Gresik dan Kadinsos beserta rombongan, serta terimakasih atas bantuan yang diberikan kepada penerima manfaat di kecamatan Benjeng ini.(WLO

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda